Tak Berkategori  

Zelensky Ingin Kunjungi PBB pada Peringatan Setahun Invasi Rusia

wartabeta.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ingin mengunjungi PBB untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Majelis Umum beranggotakan 193 orang itu pada malam peringatan setahun pertama invasi Rusia.

Seperti diketahui, Rusia menyerang Ukraina pada 24 Februari 2022. Zelensky akan mengunjungi PBB tepat pada satu tahun peringatan pada 2023, jika keamanan memungkinkan.

Dilansir dari Associated Press, Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Ukraina Emine Dzhaparova memperingatkan bahwa banyak faktor yang mengharuskan Zelensky untuk datang ke PBB.

Dzhaparova, mengutip situasi militer di lapangan dan peringatan dari dinas intelijen Ukraina, yakin bahwa Rusia sedang merencanakan serangan yang sangat serius di bulan Februari mendatang.

“Presiden kita ingin datang, dia memiliki kemauan atau niat untuk datang,” katanya, merujuk pada Zelensky.

“Tetapi masih menjadi pertanyaan apakah akan
ada situasi keamanan yang memungkinkan dia untuk datang,” tambahnya.

Jika Zelensky benar-benar datang ke PBB, itu akan menjadi perjalanan keduanya ke luar Ukraina sejak invasi.

Dia melakukan kunjungan mendadak ke Washington pada 21 Desember untuk bertemu dengan pendukung terpentingnya dalam perang melawan Rusia, Presiden Joe Biden dan anggota Kongres.

Saat itu, Zelenksy mengucapkan terima kasih atas dukungan AS dan mengatakan bahwa Ukraina masih berdiri dengan melawan segala rintangan.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya mengatakan Majelis Umum telah menjadwalkan debat tingkat tinggi tentang perang pada 23 Februari, yang akan diikuti oleh pertemuan tingkat menteri Dewan Keamanan pada 24 Februari.

Dzhaparova mengatakan Ukraina ingin majelis mengadopsi salah satu dari dua resolusi yang diharapkan Zelensky untuk disetujui pada malam peringatan invasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!