WhatsApp Bikin Aplikasi Khusus Mac, Bisa Di-download

wartabeta.com – WhatsApp kini memiliki aplikasi yang dibuat khusus (native) untuk macOS. Aplikasi ini baru hadir dalam versi beta saja, tetapi pengguna komputer Mac sudah bisa men-downloadnya.

Semula, WhatsApp native Mac hanya bisa dijajal oleh pengguna TesFlight atau beta saja secara terbatas. Nah, sekarang semua pengguna Mac bisa ikut mencobanya, meskipun masih dalam versi beta.

WhatsApp native Mac atau aplikasi WhatsApp khusus macOS ini bisa diunduh melalui situs resmi WhatsApp. Aplikasi pesan instan ini hadir untuk macOS Big Sur atau macOS yang lebih baru.

Namun, WhatsApp mencatat bahwa aplikasinya untuk Mac itu masih dalam tahap pengembangan sehingga bisa saja pengguna menemukan pengalaman yang kurang mulus.

Hal yang menarik adalah tim WhatsApp memakai kerangka Mac Catalyst Apple, yaitu program yang bisa memudahkan pengembang dalam membuat aplikasi agar bisa berjalan di iPadOS maupun macOS. Padahal, WhatsApp native yang ada saat ini ditujukan untuk Mac tanpa iPad.

Dengan adanya dukungan itu, ada kemungkinan aplikasi WhatsApp native ke depannya juga tersedia untuk iPad, meskipun perusahaan belum memberikan keterangan resmi.

Aplikasi WhatsApp native sendiri menjanjikan kinerja yang lebih cepat dan efisien karena ditujukan khusus untuk perangkat tertentu.

Kendati tersedia khusus, pengguna Mac juga bisa memakai WhatsApp versi web sembari menunggu WhatsApp native macOS dalam versi stabil.

Cara instal WhatsApp di Mac

Seperti disinggung di atas, WhatsApp native macOS baru tersedia dalam versi beta. Bila Anda tertarik mencobanya, Anda bisa menginstal aplikasi pesan instan itu dengan cara yang sama seperti memasang WhatsApp native di platform lain. Berikut rinciannya.

  • Unduh aplikasi WhatsApp native macOS melalui
  • Instal aplikasi
  • Buka aplikasi dan scan kode QR yang tersedia untuk menghubungkan Mac Anda ke WhatsApp

Mengingat aplikasi ini baru hadir dalam versi beta, pengguna kemungkinan mendapati beberapa fitur yang tidak berjalan mulus.

Bila Anda mendapati kendala, Anda bisa melaporkannya ke WhatsApp dengan memanfaatkan tombol “bug” yang ada di bawah tampilan aplikasi.

Setelah masa pengujian beta publik dirasa cukup, WhatsApp menjanjikan lebih banyak fitur untuk pengguna Mac yang akan dirilis di waktu mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!