Timnas Jepang Mampu Tampil Gemilang di Piala Dunia 2022, Ini Ungkapan Alasan Dari Pengamat Sepakbola Indonesia

Wartabeta.com – Berikut ini alasan Timnas Jepang mampu berikan kejutan di ajang Pala Dunia 2022.

Timnas Jepang biasanya menjadi tim penghibur saja di ajang Piala Dunia namun pada kompetisi yang berlangsung di Qatar ini, tim berjuluk Samurai Biru itu berhasil melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup E.

Penampilan tersebut menjadi sorotan publik sepakbola dunia termasuk oleh Gita Suwondo, seorang pengamat sepakbola Indonesia.

Bukan tanpa sebab, Timnas Jepang sendiri berhasil lolos dari grup yang terbilang berisikan tim tim hebat di Piala Dunia.

Tergabung di Grup E, Timnas Jepang bergabung dengan Spanyol, Jerman dan Kosta Rika.

Sebelum ajang ini berlangsung, Timnas Jepang sempat diragukan untuk bisa tampil gemilang bahkan diprediksi bisa menjadi juru kunci Grup E.

Namun justu sebaliknya, Timnas Jepang berhasil menjadi juara Grup E dengan mengalahkan dua raksasa Eropa yaitu Timnas Jerman dan Timnas Spanyol.

Membuka laga dengan melawan Timnas Jerman, Tim Samurai Biru berhasil mengalahkan jawara Piala Dunia 2014 itu dengan skor 2-1.

Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Ilkay Gundogan, Timnas Jepang berhasil mencetak gol di babak kedua oleh Ritsu Doan dan Takuma Asano yang membuat Timnas Jerman kalah dua kali berturut-turut di laga pembuka Piala Dunia.

Namun di laga kedua, Timnas Jepang harus tunduk dari Kosta Rika.

Sempat terancam gagal lolos ke babak 16 besar lantaran bertengger di posisi ketiga, Tim Samurai Biru justu membuat kejutan di laga pamungkas melawan Timnas Spanyol.

Saat itu, Timnas Jepang berhasil menaklukan Spanyol dengan skor 2-1 melalui gol Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Sedangkan Spanyol hanya mencetak satu gol melalui Alvaro Morata.

Gita Suwondo selaku pengamat sepakbola Indonesia mengungkapkan rasa kagumnya atas penampilan Tim Samura Biru itu.

Gita mengungkapkan keberhasilan dari Timnas Jepang ini tak terlepas dari peran federasi sepakbola Jepang yakni JPFA.

Berlangsungnya kompetisi Liga Jepang kasta tertinggi atau J-League secara sehat menjadi fakor pendukung keberhasilan Jepang.

Selain itu, Jepang juga tak sungkan menjual pemainnya ke klub asaing termasuk ke klub Bundesliga.

“Yang harus diakui faktor J-League, pemain-pemain kelahiran J-League itu gak cuma bagus di J-League saja, tapi juga jadi aset untuk dijual ke klub-klub asing. Kemudian, mereka juga berani menjual pemain mereka ke klub asing terutama ke Bundesliga (Liga Jerman), gak heran kalau mereka bisa ngalahin Jerman” Ujar Gita Suwondo.

Selain itu, faktor pembibitan yang konsisten juga jadi pengaruh meingkatnya kualitas permainan Timnas Jepang.

“Jadi artinya tim ini bukan hanya diisi pemain-pemain di J-League tapi juga main di Eropa, ada yang klub besar, ada yang nasibnya di klub-klub kecil, tapi setidaknya ini gambaran yang membuat Jepang maju,” tambahnya.

“Terus kalau kita kilas balik ke tahun lalu, ketika mereka jadi tuan rumah Olimpiade, itu kan Maya Yoshida jadi kapten tim sampai semifinal Olimpiade. Ya, walaupun gagal dapat medali, artinya Jepang bisa sangat menakutkan selama mereka niat, dan itu terbukti,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Timnas Jepang sendiri akan berhadapan dengan Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pertandingan yang diprediksi sengit itu akan belangsung pada Senin 5 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.

error: Content is protected !!