Travel  

Terlalu Barbar, Nama Makanan Indonesia Bikin Melongo!

wartabeta.com – Ragam kuliner Indonesia memang dikenal bermacam-macam jenis. Banyaknya budaya yang membuat lahirnya berbagai makanan tradisional khas nusantara. Mulai dari olahan makana berat hingga kudapan siap memanjakan perut siapapun ketika lapar. Bahkan bisa digunakan sebagai bahan oleh-oleh ketika pulang kampung atau keluar negeri. Saking banyaknya jenis makanan, maka nama-nama makanan ini justri nyeleneh, bahkan terdengan vulgar hingga bar-bar.

Meski bernama aneh, namun jangan salah sangka, cita rasa dari kue-kue ini sangatlah lezat. Nah, berikut nama-nama kue aneh bikin kaget hingga otak bertraveling bagi yang pertama kali mendengarnya.

Kue Tete

Kue tete merupakan makanan yang biasa dijual dikuliner malam diberbagai kota-kota. Bentuk dan teksturnya mirip serabi Jakarta namun memiliki rasa yang cukup manis dan gurih. Kue tete ini terbuat dari tepung terigu dan santan ini memiliki tekstur yang lembut diarea tengah dan kering garing disisi melingkarnya. Kue tradisional ini dimasak dengan menggunakan wajan tembikar diatas tungku arang.

Kue Kontol Kejepit

Nah nama kue satu ini sangat bar-bar membuat banyak kalangan yang baru mendengarnya nyaris melongo takjub. Makanan khas Yogyakarta ini berawal dengan nama adrem, namun pelafalannya yang susah membuat banyak orang lebih mengenalnya dengan topit atau kontol kejepit.

Bentunya memang mirip alat kelamin laki-laki dan sangat populer dikalangan jajanan tradisional. Biasanya sangat mudah kamu temukan didaerah pasar Sanden, Pasar Celep Srigading, Pasar Bantul, Pasar Kotagede dan Beringharjo.

Es Dawet Jembut Kecabut

Meski tampilan es satu ini sangat menyegarkan, segi rasanya pun sangat manis dan lembut. Namun, jangan ditanya tentang namanya, buat kamu pastinya merasa heran. Namnya Es Dawet Jembut Kecabut, sekali mendengarnya pasti bakal tertawa dan otak mulai traveling. Es segar asal Purwokerto ini terbuat dari campuran dawet dengan santan dan gula merah. Dan ternyata es ini sangat legendaris di daerah Purwokerto, dirilis pertama kali tahun 1950 an.

Ketupat Jembut

Kuliner bernama aneh ini berasal dari kota Semarang. Makanan terbuat dari ketupat yang ditengahnya di isi dengan tauge yang diurap dengan bumbu urap-urap. Berkat tauge yang menjuntai keluar dari ketupat membuatnya layaknya rambut keluar. Banyak warga Semarang menakaman dengan ketupat jembut hingga populer sampai saat ini.

Mie Penthil

Yogyakarta memang menyimpan banyak kuliner tradisional yang unik. Unik dari bentuk makanannya hingga dari segi nama. Salah satunya mie Penthil, dalam bahasa jawa penthil berarti belum matang atau masih kecil. Namun aja juga yang mengatakan penthil sebagai hal jorok.

Ketela Bajingan

Kudapan berasa manis ini terbuat dari singkong kukus yang disiram dengan saus gula merah. Kamu dapat menikmati ketela Bajingan ini ketika berlibur ke daerah Temanggung. Saat musim hujan, camilan ini menjadi populer dan dikonsumsi dalam keadaan hangat. Sangat nikmat sekali!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website travelingyuk.com. Situs https://wartabeta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wartabeta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *