Staf Ahli Menkeu sebut 6 Kanwil DJP sudah penuhi target pajak 2022

wartabeta.com – Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang kepatuhan Pajak Yon Arsal menyebutkan bahwa 6 kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan 92 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sudah memenuhi target untuk penerimaan pajak di 2022 per 20 Oktober 2022.

“Per Oktober 2022 sebanyak 6 Kanwil DJP dan 92 KPP telah memenuhi target penerimaan pajak 100 persen sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2022,” katanya dalam Konferensi Pers tentang APBN KiTa, Jumat.

Secara keseluruhan DJP memiliki 34 kanwil dan 352 KPPyang mana pada akhir September 2022, baru 1 kanwil dan 32 KPP yang telah memenuhi target penerimaan 100 persen.

Ia optimistis berbagai usaha yang dilakukan pemerintah mulai awal 2022 akan berdampak positif terhadap penerimaan pajak di 2,5 bulan yang tersisa dari tahun 2022.

Penerimaan pajak dari sektor pertambangan, industri, dan perdagangan diyakini menjadi penyumbang utama dari penerimaan padasisa tahun 2022.

“Sektor-sektor ini sudah dimulai pengawasannya dari beberapa bulan lalu dan 3 bulan kita menindaklanjuti hasil dari proses yang telah selesai dilakukan,” katanya.

Di tengah resesi global pada 2023, pemerintah mengantisipasi dampaknya terhadap penerimaan pajak terutama dari sektor prioritas ekspor.

“Kalau resesi global menyebabkan ekspor tertunda, kamiakan mencermati dampak terhadap sektor yang heavily melakukan ekspor, seperti pengolahan dan perdagangan. Kamiakan mencermati perkembangannya,” ucapnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://wartabeta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wartabeta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *