Skandal Piala Dunia 2022 : Qatar Diduga Menyuap 8 Pemain Ekuador Demi Menang

Wartabeta.com – Sebuah kabar yang yang mengejutkan datang menjelang Piala Dunia 2022 berlangsung yang menyebutkan bahwa 8 pemain Timnas Ekuador disuap agar mengalah pada laga Qatar vs Ekuador. 

Kabar ini menambahkan catatan buruk Qatar dalam menyelanggarakan Piala Dunia dimana sebelumnya terdapat kasus indikasi pelanggaran Hak Asasi Manusia atas meninggalkan 6.500 pekerja migran yang mempersiapkan infrastruktur untuk menyelanggarakan ajang empat tahunan ini. 

Tak hanya itu, Qatar juga mendapatkan banyak kritikan dari para negara Eropa dan barat lantaran melarang perilaku homoseksual saat Piala Dunia 2022 berlangsung. Lebih lanjut, Qatar juga melarang konsumsi minuman beralkohol.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia bukanlah hal yang mudah dan memperlukan tanggung jawab yang besar namun Qatar dianggap tak melaksanakannya di edisi kali ini. 

Hal ini terlihat dari dalam beberapa pekan ini banyak laporan yang mengungkapkan adanya  pelanggaran hak asasi manusia dan para peserta dan fans yang datang kurang mendapatkan jaminan keamanan. 

Dengan catatan buruk tersebut membuat kabar tuduhan suap yang dilakukan Qatar bukan hal mustahil yang bisa terjadi. 

Kabar dugaan penyuapan yang dilakukan oleh pihak Qatar ini dilaporkan oleh Amjad Taha selaku pakar urutan politik strategis dan direktur regional pusat Inggris di Arab Saudi. 

Ahjad Taha mengungkapkan ada 8 pemain Timnas Ekuador yang diduga telah disuap dengan uang sebesar 7,4 juta euro sebagai imbalan jika mereka mengalah saat laga melawan Timnas Qatar. 

Tak hanya itu, Ahjad Taha juga memperingatkan bahwa sumber internal Ekuador dan Qatar telah mengonfirmasi hal tersebut dan meminta dunia untuk menentangnya. 

Dalam laporan menyebutkan bahwa Qatar menawarkan kepada Ekuador untuk membiarkan menang 0-1 dengan mencetak gol di babak kedua dan uang suap tersebut akan dikirim. 

Tuduhan tersebut tampaknya sulit ddibantah lantaran Qatar sendiri sempat dituduh menyuap FIFA dengan jutaan dollar agar bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. 

Namun hingga kini atau dua hari menjelang Piala Dunia 2022 berlangsung, pemerintah Qatar ataupun Federasi sepakbola setempat belum angkat bicara terkait duggan penyupan tersebut. 

Adapun Timnas Qatar akan berhadapan dengan Timnas Ekuador di laga pembuka yang berlangsung pada Minggu 20 November 2022.

Kedua tim yang tergabung di Grup A itu akan bertanding dengan singit pada laga yang berlangsung di Al Bayt Stadium. 

Timnas Qatar sendiri berupaya keras untuk bisa meraih kemenangan di Piala Dunia debutannya ini dan bukan hanya berstatus sebagai tim penghibur saja. 

Di lain sisi, Timnas Ekuador bukanlah tim yang biasa-biasa mengingat mereka berhasil tampil apik dan lolos dari kualifikasi Conmebol atau Amerika Selatan bersama tim kuat lainnya. 

Selain itu, Timnas Ekuador juga memiliki kedalaman skuad yang berpengalaman dalam berkompetisi di ajang internasional dan beberapa pemain berkarir di benua Eropa. 

Hal ini berbeda dengan Timnas Qatar yang didominasi oleh para pemain yang berkompetisi di Liga Lokal dan pengalaman internasionalnnya tak begitu diunggulkan. 

Timnas Qatar sendiri akan menggunakan formasi 3-5-2 atau 5-3-2 sesuai dengan kondisi para pemain. 

Adapun para pemain bintang Timnas Ekuador ada Piero Hincapie (Bayern Leverkusen), Carlos Grezo (Ausburg) Enner Valencia (Fenerbache) dan masih banyak lagi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *