Situs Review Film IMDb Disusupi “Link Haram” Film Bajakan

wartabeta.com – Selama ini, situs IMDb (Internet Movie Database) diandalkan para pecinta film untuk mendapatkan informasi lengkap seputar film dari seluruh dunia.

Mulai dari trailer, ulasan, rating, pendapatan film box office, termasuk berita orang-orang yang terlibat dalam film/serial TV seperti aktor/aktris, sutradara, penulis sampai penata rias dan soundtrack.

Namun, baru-baru ini, situs IMDb justru dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk mempromosikan link haram untuk menonton atau mengunduh (download) film bajakan .

Menurut laporan TorrenFreak, oknum spammer ini memanfaatkan fitur “List” di situs IMDb untuk mempromosikan link haram film baru seperti Avatar 2 : The Way of Water dan Balck Panther 2: Wakanda Forever.

Temuan TorrenFreak, spammer membuat postingan List dengan tajuk yang memancing pengguna untuk mengeklik, seperti menggunakan kata kunci “FullMovie”, “Free Online”, “Download”, “Movie Free”, dan “Free Download Online”.

Situs IMDb memang memungkinkan pengguna yang melakukan login ke situs untuk membuat “List”, yang sedianya digunakan untuk membagikan pilihan film, serial TV, dan aktris/aktor favorit pengguna.

List ini bisa disetel untuk publik atau hanya disimpan sendiri untuk pengguna.

Nah, spammer menyalahgunakan fitur List ini untuk mempromosikan link “haram” untuk menonton atau download film bajakan.

Menurut laporan TorrenFreak, situs yang dijanjikan dapat menonton atau men-download film bajakan itu bisa saja merupakan media untuk menipu pengguna.

Di situs tersebut, pengguna tak jarang ditawarkan untuk memasukkan nomor kartu kredit miliknya untuk mendapatkan benefit uji coba menonton film gratis di situs itu.

Data nomor kartu kredit bisa saja disalahgunakan untuk tujuan kriminal. Jadi, pengguna perlu selalu waspada dan tak tergiur dengan iming-iming akses menonton film gratis.

Saat ini, daftar List IMDb yang disetel untuk publik bisa ditemukan dengan mudah lewat pencarian di mesin pencarian internet (search engine) macam Google.

KompasTekno pun mencoba mencari List yang mempromosikan film bajakan dengan kata kunci tertentu.

Ternyata, hasilnya memang ada beberapa list dengan judul-judul seperti tangkapan layar di atas. Namun, ketika diklik, postingan List sudah hilang. Hal ini tampaknya terjadi karena IMDb sudah menghapus postingan List tersebut atau List sudah dibuat privat oleh kreatornya.

Pihak IMDb memang berhak menghapus postingan List milik pengguna bila melanggar kebijakan situsnya, salah satunya adalah menyertakan tautan ke situs streaming film ilegal.

IMDb sendiri belum memberikan tanggapan resmi terkait pihaknya yang kecolongan link “haram” untuk menonton film bajakan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TorrentFreak, Jumat (13/1/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!