Tak Berkategori  

Situasi lintas perbatasan Hong Kong-China Daratan tertib dan lancar

wartabeta.com – Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong, John Lee, pada Selasa (10/1) mengatakan bahwa situasi pembukaan kembali perbatasan dengan China Daratan di berbagai titik kontrol selama dua hari terakhir berjalan lancar, aman, dan tertib.

Lee mengatakan kepada awak media menjelang pertemuan dewan eksekutif bahwa kuota 50.000 orang per hari yang saat ini diterapkan di jalur penyeberangan darat untuk penduduk Hong Kong yang hendak menuju China Daratan masih memadai.

Dalam dua atau tiga hari ke depan, masih ada 30 persen hingga 40 persen kuota yang dapat dipesan di titik kontrol darat, kata Lee. Dia menambahkan bahwa lebih dari 90 persen kuota telah terisi untuk 20 Januari, dua hari sebelum Festival Musim Semi atau Tahun Baru Imlek.

Lee mengatakan tingkat pemesanan untuk delapan pekan ke depan secara keseluruhan hanya tercatat di angka sekitar 17 persen, mengindikasikan bahwa kuota 50.000 orang per hari saat ini di titik kontrol darat sesuai dengan permintaan yang ada

Dengan mempertimbangkan situasi saat ini, pemerintah SAR Hong Kong akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan otoritas terkait di China Daratan untuk memantau situasi dan melihat apakah penyesuaian perlu dilakukan, lanjutnya.

Menurut Lee, pembukaan kembali perbatasan menguntungkan warga yang hendak berkumpul bersama keluarga serta mencerminkan aspirasi rakyat, dan juga membantu mendongkrak perekonomian Hong Kong.

error: Content is protected !!