Simbol di Android 12 Ini Akan Muncul Jika Ada Yang Mencoba Memata-Matai

wartabeta.com – NESABAMEDIA.COM – Google memperingatkan jutaan pengguna Android mereka ketika ada aplikasi tertentu yang kemungkinan memata-matai mereka. Ini dilakukan dengan sebuah fitur baru di Android 12 yang akan memberikan peringatan kepada pengguna, ketika mikrofon atau kamera mereka diaktifkan oleh aplikasi.

Fitur ini mirip dengan fitur peringatan yang telah ada di rival, yakni Apple iPhone. Fitur ini baru saja ditambahkan pada sistem operasi seluler terbaru Google yaitu Android 12. Bagi pengguna yang tidak memiliki Android 12, notifikasi itu tidak akan terlihat. Namun hanya sebuah indikator baru yang akan muncul di sebelah pojok kanan atas layar smartphone pengguna.

Pengguna nantinya akan melihat ikon kamera atau mikrofon ketika aplikasi tertentu mencoba untuk mengakses kedua fitur tersebut. Pembaruan ini ditujukan untuk membantu dalam mencegah aplikasi merekam atau bahkan melihat pengguna melalui kamera.

Pengguna juga akan mendapatkan daftar atau log mengenai aplikasi mana saja yang memiliki akses ke kamera, mikrofon atau lokasi dan kapan peristiwa itu terjadi. Informasi akan tersedia di halaman Privacy Dashboard yang baru yang ada di bagian Settings.

Untuk saat ini, memang memungkinkan untuk menonaktifkan mikrofone atau kamera melalui halaman Quick Settings. Perlu juga dicatat bahwa ikon yang muncul itu nantinya bukan berarti terjadi sesuatu yang benar-benar mengancam atau mengkhawatirkan.

Sebab, beberapa aplikasi memang membutuhkan akses ke kamera atau mikrofon secara rutin, seperti Instagram. Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika yang meminta akses itu adalah aplikasi yang aneh, yang mungkin tidak pernah diketahui oleh pengguna.

Selama ini pakar dunia maya telah mendeteksi dan mengungkap adanya sejumlah aplikasi berbahaya yang mendapatkan akses ke kamera dan mikrofon tanpa persetujuan pengguna, dan diperuntukkan pada hal-hal yang mengancam. Jadi dengan meningkatkan ke Android 12 merupakan salah satu cara untuk menghindari keadaan berbahaya ini.

Jika pengguna mencurigai adanya aplikasi yang mengakses kamera atau mikrofon, maka disarankan untuk memeriksa pada izin aplikasi yang ada di halaman Settings. Pengguna akan dengan mudah menolak aplikasi tertentu untuk mengakses mikrofon atau kamera. Atau bisa juga, jika pengguna benar-benar khawatir, menghapus aplikasi tersebut dari smartphone juga merupakan pilihan yang lebih baik.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.