Sebanyak 45.000 kendaraan gunakan ruas Tol Bengkulu – Taba Penanjung

wartabeta.com – PT. Hutama Karya perwakilan Bengkulu mencatat sebanyak 45.000 kendaraan roda empat memanfaatkan ruas tol Bengkulu – Taba Penanjung secara gratis yang diresmikan pada 23 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.”Saat ini puluhan ribu kendaraan yang telah memanfaatkan ruas tol Bengkulu – Taba Penanjung secara gratis,” kata Branch Manager Tol Bengkulu – Taba Penanjung Medya Gustian di Kota Bengkulu, Rabu.Ia menyebutkan bahwa rata-rata kendaraan yang melintas di ruas tol Bengkulu – Taba Penanjung sekitar 2.000 hingga 2.100 kendaraan setiap harinya.

Selain itu, pada 12 Januari 2023 tarif tol Bengkulu – Taba Penanjung mulai dikenakan biaya.

Seperti untuk golongan I sekitar Rp22 ribu, golongan II dan II Rp33 ribu dan golongan IV dan V sebesar Rp44 ribu dari pintu masuk Tol Bengkulu ke Taba Penanjung begitupun sebaliknya.

“Mulai 12 Januari pukul 00.00 tarif tol mulai diberlakukan sesuai dengan instruksi dari regulator atau Kementerian PUPR,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar pengguna jalan memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintas Tol Bengkulu – Taba Penanjung, guna menghindari penumpukan antrian di gerbang tol.Lanjut Medya, untuk kendaraan yang diperbolehkan menggunakan ruas jalan tersebut seperti kendaraan jenis yang bermuatan seperti batu bara dengan bak terbuka, disel bak terbuka, maupun kendaraan roda empat lainnya dengan bak terbuka dilarang.”Kemudian mobil pribadi dilarang melintas jika bermuatan di bagian atap tanpa adanya pengikat atau pengamanan dan kendaraan bermuatan bak terbuka tidak layak,” terangnya.

Untuk kendaraan yang mogok di jalan tol, pihaknya akan menyediakan mobil derek dengan kapasitas 18 ton dan 25 ton yang akan dibawa hingga gerbang terdekat tanpa dikenakan biaya.

Sebelumnya, jalan tol Bengkulu – Taba Penanjung telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13 – 14 April 2022 dan uji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2022 dengan 45 ribu kendaraan yang melintas.Diketahui, Trans Sumatera ruas Lubuklinggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95 km terbagi dalam tiga seksi.

Untuk seksi pertama Taba Penanjung – Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer, seksi kedua yaitu Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer dan seksi ketiga Lubuk Linggau – Kepahiang dengan panjang 54,5 kilometer.

error: Content is protected !!