RI dan Malaysia Makin Mesra Soal Ekspor Impor

wartabeta.com – Kegiatan ekspor dan impor merupakan salah satu indikator bergeraknya ekonomi sebuah negara. Karena itu negara-negara juga harus bekerja sama untuk menggenjot kegiatan ini.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang menggandeng the Export-Import Bank of Malaysia (MEXIM).

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menjelaskan dengan kerja sama ini diharapkan kedua lembaga bisa mengatasi tantangan pembangunan ekonomi dengan menyediakan produk inovatif yang berorientasi pasar secara berkelanjutan dari aspek ekonomi sosial dan lingkungan.

“Kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kedua pihak sehingga Indonesia dan Malaysia mampu membuka akses pasar yang lebih luas,” kata dia dalam siaran pers, Selasa (10/1/2023).

Dia menjelaskan tak cuma kerja sama di dua negara, Indonesia dan Malaysia diharapkan bisa membuka pasar di negara lainnya. Jadi LPEI dan MEXIM bersama-sama akan mendukung investasi bisnis serta tetap tangguh di pasar yang kompetitif.

Riyani menambahkan kerja sama LPEi dan MEXIM ini diharapkan menjadi saluran komunikasi yang efisien bagi rujukan proyek yang saling menguntungkan dalam rangka eksplorasi peluang pertukaran informasi terkait kegiatan ekspor, kerja sama benchmarking, pelatihan bisnis dan secondment dalam kredit.

Selain itu ada juga soal penjaminan risiko, perluasan nasabah, kerja sama penyediaan layanan L/C confirmation, L/C insurance, trade refinancing dan reinsurance facilities.

President/Chief Executive Officer MEXIM Arshad Ismail menjelaskan MEXIM dan LPEI akan memiliki hubungan erat. “Indonesia Eximbank/LPEI merupakan mitra yang penting dan kami harap bisa mempertahankan dialog dan komunikasi yang aktif untuk bisnis dan proyek rujukan yang berkelanjutan,” ujar dia.

Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan RI, LPEI terus mendorong pertumbuhan ekspor nasional dan membantu eksportir dalam memperluas kapasitas bisnis mereka melalui mandat pembiayaan, penjaminan, asuransi dan jasa konsultasi.

Sedangkan MEXIM merupakan Export Credit Agency milik pemerintah Malaysia yang memiliki mandat memberikan pembiayaan yang efektif dan solusi takaful untuk kegiatan ekspor impor Malaysia. LPEI dan MEXIM juga tergabung dalam beberapa forum internasional, salah satunya adalah The Asian Exim Banks Forum.

Lihat juga video ‘Jokowi Bakal Umumkan Setop Ekspor Bahan Mentah Baru Hari Ini’:

error: Content is protected !!