Review realme 10 Pro+ 5G: Kesan Pertama Mencoba Smartphone Layar Lengkung Pertama realme

wartabeta.comSoal warna, ada 2 pilihan yang ditawarkan ponsel ini yaitu Hyperspace, dan Dark Matter. Smartphone dengan slogan Curved Display, New Vision ini memboyong segudang fitur andalan seperti layar lengkung (Curved Vision Display), kamera, performa dan banyak lagi.

Lalu, apakah cuma itu keunggulan realme 10 Pro+ 5G? Untuk membuktikannya di tangan kami kali ini sudah ada realme 10 Pro+ 5G varian 12GB/256GB dan warna Hyperspace. Langsung saja kita review realme 10 Pro+ 5G.

Desain

Desain Hyperspace ini terinspirasi dari terowongan hyperspace dengan arsitektur Pola Prism Acceleration dan Partikel Nebula. Berkat desain unik inilah, ponsel menengah ini tampak seperti ponsel premium. Ditambah lagi dengan body belakang ponsel ini tampak berkilau dengan garis-garis yang terlihat jelas jika terkena cahaya, kian menambah kesan berkelas ponsel ini.

Layar lengkung Curved Vision Display berukuran 6,7 inci dan punch hole camera sebagai wadah kamera selfie terbentang pada body depan ponsel. Bezel bawah layarnya juga sangat tipis, hanya 2,33mm.

Sementara bezel samping layarnya juga sangat tipis dengan ketebalan 1,41mm. Inilah yang menjadikan realme 10 Pro+ 5G memiliki bezel tertipis pada kelas smartphone mid-range dengan layar melengkung.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Singgung Adaptasi

Dimensi yang dimiliki ponsel ini adalah 161.5 x 73.9 x 7.95mm dan bobot 175g untuk varian Hyperspace dan 7.8mm dengan bobot 173g untuk varian Dark Matte. Dengan bobot tersebut, realme mengklaim bahwa realme 10 Pro+ 5G merupakan smartphone dengan baterai 5000mAh tertipis yang ada di dunia.

Dikombinasikan dengan desain melengkung super simetris di sisi depan dan belakang, memberikan pengalaman bezel-less yang nyaman digenggam dan saat digunakan untuk beragam rutinitas. Saat kami genggam pun, ponsel ini cukup nyaman dan pas dalam genggaman tangan serta terasa ringan. Begitupun saat dimasukkan ke saku, masih muat.

Sekarang kita menelisik body belakang smartphone. Terdapat 3 kamera belakang dengan LED Flash dan logo realme di sudut bawah.

Modul kamera belakang mengusung desain modul kamera klasik Twin-Lens Reflex (TLR).

Beralih ke sisi kanan ponsel, disematkan tombol volume up and down serta tombol power. Sedangkan di sisi kiri tidak ditemui apapun alias polos saja.

Smartphone Layar Lengkung Pertama realme

realme 10 Pro+ 5G merupakan smartphone pertama realme yang memiliki layar lengkung (Curved Vision Display). Selain itu, Curved Vision Display yang dimiliki ponsel ini merupakan layar melengkung setara flagship pertama di kelasnya.

Mengusung tajuk Curved Display, New Vision, jelas realme 10 Pro+ 5G mengunggulkan layar lengkung ini sebagai fitur utamanya. Panel layar yang digunakan berjenis AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi 2412 x 1080p (FHD+).

Kecepatan refresh layarnya mencapai 120Hz dengan teknologi 2160Hz PWM Dimming. realme 10 Pro+ 5G juga merupakan smartphone pertama realme yang memiliki layar dengan 2160 Hz PWM Dimming.

Baca Juga: Diogo Dalot Sebut Carabao Cup Bukan Piala Kecil: Sebanding dengan Liga Champions

Ketika dalam kondisi minim cahaya, dengan kecerahan di bawah 90 nits di mana DC dimming tidak dapat bekerja, ponsel ini akan otomatis berpindah ke mode 2160Hz PWM Dimming untuk mempertahankan akurasi warna. Tak hanya itu, mata kami juga tetap nyaman saat menatap layar dalam waktu lama bahkan hingga seharian. Efisiensi dimming meningkat hingga 4,5 kali dibanding 480Hz PWM konvensional pada kebanyakan smartphone.

realme 10 Pro+ 5G juga adalah smartphone dengan layar AMOLED pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi Rheinland Flicker Free. Selain itu, realme 10 Pro+ juga meraih sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light Certificate untuk memberikan kepastian perlindungan extra pada mata pengguna.

Layar ini memiliki screen-to-body ratio-nya mencapai 93.65% dengan 10bits color 61 derajat Precision Curvature, dan 5000000:1 Contrast ratio. Ditunjang fitur Algoritma X-touch Anti-mistouch, layar ini sanggup meningkatkan area anti-mistouch hingga 20%, dan telah dioptimisasi untuk mengurangi mistouch pada layar.

Dibandingkan Generasi ke-3, anti-touch area pada ponsel ini jauh lebih luas. Tidak ketinggalan, fitur finger identification yang mampu menjangkau lebih banyak jari pengguna dan dapat secara efektif mengatasi perbedaan sinyal yang disebabkan oleh jari yang berbeda.

Berkat dukungan fitur Dynamic Detection, layar ponsel dapat mendeteksi sentuhan tangan dengan waktu yang real time. Sehingga tidak ada delay saat layar disentuh.

Buktinya, saat kami bermain game PUBG Mobile, Genshin Impact, APEX Legends Mobile, dan Asphalt 9: Legends, layar ponsel ini terbukti sangat responsif. Ketika bermain game serta menonton film dan video lainnya, visual yang disuguhkan lebih smooth dan detail.

Untuk melindungi dari benturan, layar ponsel ini dilapisi double-reinforced glass dengan ketebalan 0,65mm. Usai menjalani drop test di laboratorium dengan ketinggian 1m dan 28.000 kali micro-drop test, smartphone ini memang terbukti tetap berfungsi seperti biasanya, tanpa ada kendala sedikitpun.

Kamera belakang dan Selfie

Untuk kebutuhan foto dan video, realme 10 Pro+ 5G dibekali 3 kamera belakang dengan kamera utama 108MP ProLight Camera, kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 2MP. Kamera utama ini menggunakan sensor Samsung HM6 dengan 6P Lens combination. Resolusi kamera utamanya 12.000 x 9.000 pixel dengan fusion pixel 1,92µm.

Disokong teknologi NonaPixel Plus terbaru yang menggabungkan sembilan piksel menjadi 1, kamera utama 108MP ProLight Camera dapat menyerap lebih banyak cahaya. Teknologi NonaPixel Plus terbaru ini mampu menangkap cahaya di ruang gelap hingga 123%.

Sehingga teknologi NonaPixel Plus mampu memaksimalkan kamera ponsel saat mengambil foto dan video di malam hari ataupun dalam kondisi minim cahaya. Terbukti saat kami mengambil foto menggunakan mode night melalui teknologi Super Nightscape Engine, foto yang dihasilkan jauh lebih terang daripada menggunakan mode photo biasa dan minim noise.

Ketika foto low light menggunakan mode photo biasa, hasilnya pun cukup OK, namun tidak seterang dan sejernih ketika mengaktifkan Night Mode. Hasil foto yang lebih terang dalam kondisi minim cahaya juga didukung teknologi Dynamic Range yang disebut Smart-ISO Pro.

Teknologi Smart-ISO Pro ini mampu menyesuaikan pencahayaan dan kecerahan dari objek foto di sekitar. Ini juga berkat dukungan teknologi HyperShot Imaging Architecture.

Teknologi HyperShot Imaging Architecture yang dimiliki GT Series ini pertama kali dihadirkan realme pada Number Series, yaitu realme 10 Pro+ 5G. Teknologi ini menggunakan algoritma AI Photography dan domain RAW yang mampu meningkatkan keseluruhan performa kamera, seperti imaging speed, kejernihan, dan foto low light.

Ketika kami menggunakan mode photo dalam kondisi cahaya cukup terang, hasilnya terlihat detail, tajam dengan komposisi warna yang pas. Terlebih lagi saat kami menggunakan mode 108MP, hasilnya jauh lebih baik dengan resolusi foto yang lebih tinggi.

Masih membahas kamera utama 108MP, kamera ini ditunjang teknologi QuickShoot Acceleration Engine dengan kecepatan proses gambar yang maksimal. Dengan prosesi paralel, pengambilan frame cerdas, dan prediksi pengambilan gambar, smartphone ini dapat mengambil foto 108MP hanya dalam 0,6 detik.

Proses ini 5 kali lebih cepat dibanding pendahulunya. Saat kami mengambil foto menggunakan mode 108MP, proses pengambilan gambar lebih cepat, tidak ada delay setelah objek foto dibidik.

Terdapat pula fitur One Take yang mengandalkan kamera 108MP dan algoritma AI. Sehingga kami mendapatkan banyak foto dalam berbagai perspektif hanya dalam satu kali shoot.

Kemudian ada Super Group Portrait Mode yang memungkinkan foto grup hingga 10 orang. Fitur ini bekerja mengandalkan definisi tinggi dari kamera 108MP dan algoritma portrait realme sehingga semua wajah dalam foto akan tampak lebih jelas. Selain Super Group Portrait Mode, mode portrait biasa pun terlihat natural dengan efek blur pada background foto yang tidak berlebihan.

Adapula fitur Street Photography Mode 3.0 dan fitur Smart City Filters, memungkinkan kami mengambil foto dengan filter yang paling sesuai berdasarkan lokasi serta mempersingkat waktu untuk memilih filter dan lebih banyak waktu untuk mengambil foto. Fitur Super Group Portrait, One Take, dan Street Photography Mode 3.0 bisa diakses pada menu kamera.

Sekarang kami mencoba lensa ultra wide yang mampu menangkap gambar dengan sudut pandang hingga 112 derajat. Lalu kami menggunakan lensa makro yang bisa menangkap objek foto berukuran kecil sekalipun dengan hasil foto yang masih terlihat detailnya.

Interface kamera belakangnya pun cukup simpel, namun cukup lengkap mode kameranya. Terdapat menu photo, portrait, 108MP, street, night, PRO, pano, dan macro. Untuk video disertakan mode video, time-lapse, slo-mo dan movie.

Setelah kami mencoba mode video, video yang dihasilkan jernih dan stabil dengan resolusi tinggi mencapai 4K. Video nya stabil juga berkat dukungan mode ultra steady.

Beralih ke kamera depan, ponsel ini disematkan kamera selfie 16MP Front Camera. Sementara tampilan antarmuka kamera depan jauh lebih simpel dibandingkan kamera belakang. Hanya terdapat mode photo, portrait dan video.

Saat kami selfie dengan mode photo dan portrait, foto yang dihasilkan tampak natural dan tajam. Kemampuan kamera tersebut juga didukung oleh chipset MediaTek Dimensity 920 5G yang menyuguhkan hasil foto 35% lebih detail dibandingkan generasi chipset Dimensity sebelumnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Heboh Isu Lato-lato Artinya ‘Aku Yahudi’, Benarkah?

Hardware dan Performa

Dapur pacunya, diperkuat chipset MediaTek Dimensity 920 5G dengan prosesor 8-core 64-bit berkecepatan 2.6GHz dengan proses fabrikasi 6nm serta GPU Mali-G68. Melalui proses fabrikasi 6nm, chipset ini terbukti memberikan performa yang lebih optimal.

Peningkatan frekuensi CPU main core dari 2,4GHz ke 2,5GHz, sehingga mampu meningkatkan performa single-core hingga 4%. Apalagi berkat sokongan GPU Mali-G68 MC4 yang bisa meningkatkan frekuensi GPU, dan performa gaming hingga 9%.

Guna mendongkrak performanya, smartphone ini di support teknologi Dynamic RAM yang sanggup menjalankan hingga 26 aplikasi secara bersamaan, termasuk game, tanpa mempengaruhi performa ponsel. Teknologi ini juga memungkinkan kami membuka dan berpindah aplikasi dengan cepat.

Pasalnya, varian storage 12/256GB yang kami review kali ini salah satu varian yang tertinggi yaitu. Untuk ekspansi RAM hingga 12GB, kamu bisa mengaktifkannya di menu setting>about device>RAM.

Jadi, kami rasa varian ini sudah cukup menyimpan banyak file dan menjalankan beragam aplikasi. Kombinasi hardware tersebut memang terbukti mampu memaksimalkan performa saat tes benchmark dan bermain game berjenis AAA sekalipun.

Terbukti game PUBG Mobile, Genshin Impact, APEX Legends Mobile, dan Asphalt 9: Legends, sanggup dilibas habis oleh realme 10 Pro+ 5G.

Saat bermain game PUBG Mobile, smartphone ini menjalankan settingan Grafis HDR dan Frame Rate Ultra. Kemudian APEX Legends Mobile sanggup menggunakan settingan Grafis tertinggi yaitu UltraHD dan Frame Rate High.

Sama halnya dengan Genshin Impact, dan Asphalt 9: Legends yang mampu berjalan dengan settingan tertinggi. Semua game AAA yang kami mainkan berjalan lancar, tanpa ada lag sama sekali dengan visual yang lebih imersif. Selama bermain game sekitar 2 jam secara terus menerus, ponsel tidak terasa panas.

Saat bermain game, ponsel ini menyuguhkan suara berkualitas tinggi dan menggelegar. Bahkan, terdengar seperti sungguhan. Suara dentuman peluru dan suara langkah musuh terdengar lebih jelas saat bermain game PUBG Mobile, dan APEX Legends Mobile.

Ini juga didukung Dual Stereo Speakers dengan resolusi High Resolution (Hi-Res) dan fitur Real Sound Technology. Fitur Real Sound Technology ini mampu menyesuaikan suara dengan kegiatan yang kami lakukan seperti mendengarkan musik, menonton film dan bermain game. Di mode ini kami bisa memilih mode Smart, Movie, Game dan Music sesuai dengan kegiatan yang kami lakukan. Mode ini bisa diaktifkan di menu setting.

Begitupun saat mendengarkan musik, suara terdengar lebih jernih dan bulat saat mendengarkan beragam genre musik. Sama halnya saat kami menonton film.

Mendengarkan musik juga semakin mudah dengan fitur AOD Musik Cerdas. Fitur AOD Musik Cerdas memudahkan kami saat mendengarkan lagu melalui aplikasi pemutar lagu seperti Spotify.

Dengan fitur ini, kami dapat mengontrol audio di AOD, dan mendapat rekomendasi playlist musik sesuai preferensinya. Caranya cukup mudah, hanya perlu tap dua kali di layar.

Selanjutnya, kami uji benchmark menggunakan AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 5. Sama seperti bermain game, uji benchmark juga berjalan lancar, tanpa ada kendala berarti.

Tes benchmark pertama, kami menggunakan PC Mark dan ponsel ini berhasil melewatinya dengan nilai akhir 13.150. Berikutnya, realme 10 Pro+ 5G meraih skor 4.979 setelah menjalani tes 3D Mark.

Di AnTuTu, realme 10 Pro+ 5G mencetak poin 509.817 dan menduduki peringkat ke 101. Terakhir, anggota realme 10 Pro series terbaru ini menorehkan skor 813 untuk Single-Core dan 2.301 untuk Multi-Core di Geekbench 5.

Software dan Fitur Menarik

realme 10 Pro+ 5G merupakan smartphone pertama realme yang sudah menggunakan realme UI 4.0. Tampilan interface tersebut sudah didukung sistem operasi terbaru Android 13 yang sudah auto terinstall di ponsel ini. Sehingga kami tidak perlu repot update OS terlebih dulu.

Tampilan realme UI 4.0 memang sangat simpel dan mudah digunakan. Terdapat aplikasi bawaan realme seperti realme store, realme community dan lainnya. Tidak ketinggalan, aplikasi wajib Google seperti Gmail, GDrive, Google, YouTube dan lainnya tidak pernah absen dari ponsel realme kebanyakan, termasuk realme 10 Pro+ 5G.

Dengan Card-Styled Control Center, tampilan UI ini mengadaptasi layout model kartu yang membedakan informasi ke beberapa segmen, dan control center baru di dalamnya.

Mengadopsi Tekstur Icon Autentik, ikon aplikasi pada ponsel ini mengusung bentuk dan tekstur objek natural. Sehingga memudahkan kami dalam menemukan dan mengakses semua aplikasi di smartphone ini.

Lalu ada fitur Smart Home yang memungkinkan kami memperoleh akses mudah ke aplikasi dalam folder besar pada home screen. Kustomisasi AOD menyuguhkan banyak variasi model untuk dipilih, yang membuat smartphone ini semakin unik dan artistik.

Tidak berhenti sampai disitu, terdapat fitur Auto Pixelate yang secara otomatis mengaburkan informasi pribadi dalam tangkapan layar dari aplikasi pesan seperti WhatsApp dan Messenger dengan satu sentuhan. Dengan begitu, kami tidak perlu khawatir untuk informasi pribadi tersebar ke publik.

Urusan keamanan, dilengkapi fitur Advanced Encryption Standard (AES) untuk menyimpan data pribadi seperti foto, musik, video, dokumen, dan lainnya dengan keamanan tinggi. Masih soal fitur keamanan, In-display Fingerprint Scanner dan Face Unlock juga mampu membuka kunci ponsel dengan sangat cepat, di bawah 1 detik.

Disertakan pula fitur Enhanced Multifunctional NFC yang memudahkan kami dalam melakukan transaksi keuangan. Tidak ketinggalan fitur Tactile Engine 2.0 yang biasanya terdapat pada GT Series disematkan di realme 10 Pro+ 5G.

Tactile Engine 2.0 ini merupakan mesin vibrasi realme dikembangkan berdasarkan motor linier yang telah disesuaikan dengan semua aspek dalam sistemnya. Sehingga dapat mengumpan balik getaran secara tiga dimensi.

Dilengkapi pula fitur RichTap dengan volume getaran tingkat tinggi. Ponsel ini juga mendukung tipe umpan-balik sentuhan hingga 130 lebih.

Sesuai namanya, realme 10 Pro+ 5G ini sudah menjalankan jaringan 5G berkat dukungan chipset MediaTek Dimensity 920 5G. Chipset ini sudah menjangkau 44 Streaming Bands yang mencakup 150+ area di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ditunjang teknologi Dual Carrier Aggregation dengan kecepatan hingga 2,77Gbps, ponsel ini menyuguhkan sinyal dan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Untuk konektivitas lainnya, ponsel ini dilengkapi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Bluetooth 5.2, serta sensor accelerometer, gyro, proximity, dan kompas.

Daya Tahan Baterai dan Proses Charging

Dukungan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh mampu menghemat daya tahan baterai ponsel. Ini terbukti saat kami bermain game selama kurang lebih 2 jam, daya baterai hanya berkurang 15%.

Bahkan ponsel ini sanggup bertahan hingga seharian penuh jika digunakan untuk rutinitas seperti mengambil foto dan video untuk konten sosial media, mengakses sosial media, pesan instan, telepon, email, dan lainnya.

Guna lebih menghemat daya baterai, kami juga mengaktifkan Power Saving Mode pada menu setting. Di menu tersebut, kami juga dapat memilih aplikasi yang ingin dihemat dayanya. Ini juga berkat dukungan fitur Smart 5G yang disematkan pada chipset Dimensity 920 5G yang mampu melakukan efisiensi daya hingga 30% lebih.

Didukung fitur fast charging SUPERVOOC Charge 67W, proses pengisian daya realme 10 Pro+ 5G sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu 17 menit, untuk pengisian daya dari 20% hingga 50%. Sementara untuk charging hingga full 100% dari kondisi 20%, memerlukan waktu 47 menit.

Kesimpulan

Meskipun smartphone kelas menengah, namun realme 10 Pro+ 5G menawarkan paket lengkap dalam satu genggaman. Salah satu keunggulannya adalah Curved Vision Display.

realme 10 Pro+ 5G memiliki Curved Vision Display yang merupakan layar melengkung setara flagship pertama di kelasnya. Berkat layar lengkung tersebut, kami merasa sangat nyaman ketika gaming, menonton film atau video dan kegiatan lainnya, bahkan saat digenggam. Saat bermain game serta menonton film dan video lainnya, visual yang disuguhkan lebih smooth dan detail, serta sangat luas.

Saat bermain game AAA dan tes benchmark, ponsel ini sanggup menjalankan aplikasi tersebut dengan mulus, tanpa ada hambatan. Selama bermain game sekitar 2 jam non stop, ponsel tidak terasa panas. Tentunya ini berkat kemampuan chipset MediaTek Dimensity 920 5G.

Saat kami bermain game selama kurang lebih 2 jam, daya baterai hanya berkurang 15%. Setelah kami gunakan untuk menyelesaikan beragam rutinitas, memang terbukti daya tahan baterai ponsel ini sangat irit. Sementara proses charging ponsel juga sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 17 menit dari kondisi 20% hingga 50%.

Kapasitas penyimpanan sebesar 256GB ini, sanggup menyimpan banyak file dan menjalankan beragam aplikasi. Dengan teknologi Dynamic RAM 12GB +12GB, realme 10 Pro+ 5G mampu menjalankan hingga 26 aplikasi secara bersamaan, termasuk game, tanpa mempengaruhi performa ponsel.

Varian warna Hyperspace yang kami review ini memberikan kesan premium pada realme 10 Pro+ 5G. Kemampuan kamera belakang dan selfie realme 10 Pro+ 5G pun patut diacungi jempol. Ini terbukti setelah kami menggunakan kamera belakang dan selfie untuk foto dan video dalam berbagai situasi dan lokasi, hasilnya, tajam, detail dengan komposisi warna yang pas.

Setelah kami menggunakan ponsel ini selama beberapa minggu untuk menemani beragam aktivitas, kami rasa realme 10 Pro+ 5G cocok digunakan untuk beragam profesi dan usia. Tunggu apalagi anda bisa langsung segera mendapatkan realme 10 pro+ disini

error: Content is protected !!