Resmi! Liga 2 Indonesia 2022/2023 Dihentikan, Kompetisi Kasta Tertinggi Berlanjut Tanpa Zona Degradasi

Wartabeta.com – Ada kabar mengejutkan dari dunia sepakbola Indonesia yakni Liga 2 Indonesia secara resmi dihentikan secara permanen. 

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia memutuskan untuk tidak melanjutkan kompetisi Liga 2 Indonesia atau kasta kedua kompetisi sepakbola di Indonesia. 

Keputusan PSSI menghentikan Liga 2 Indonesia 2022/2023 ini usai mereka menggelar Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang memutuskan untuk mengentikan kompetisi kasta kedua secara permanen. 

Yunus Nusi selaku Sekjen PSS mengungkapkan keputusan ini diambil karena mempertimbangkan beberapa faktor. 

Bahkan alasan termasuk diambil karena sebagaian klub yang bermain di Liga 2 menginginkan untuk tidak melanjutkan kompetisi. 

Hal ini lantaran tak ada kesesuaiaan konsep dari pelaksanaan kompetisi antar klub dan operator pelaksanaan yang sulit dilaksanakan sebelum Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada bulan Mei.  

Selain itu ada juga rekomendasi dari tim yang mengaitkan dengan tragedi Stadion Kanjuruhan yakni sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat.

Tak hanya itu, berdasarkan Perpol no 10 tahn 2022 menjelaskan mengenai proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi izin hinggga bantuan pengamanan. 

Selain itu, rapat tersebut juga menghasilan keputusan kepada PT LIB untuk memfasilitasi pembentukan operator untuk pelaksanaan musim baru Liga 2. 

Lalu bagaimana dengan kompetisi Liga 1? kompetisi kasta tertinggi tersebut akan terus begulir namun tanpa adanya degradasi karena Liga 2 Indonesia yang berhenti berlangsung. 

Sedangkan untuk pelaksanaan kompetisi AFC 2023 sendiri, PSSI akan menggelar babak play-off yang mempertemukan jawara Liga 1 2021/2022 mellawan juara Liga 1 2022/2023. 

Bukan hanya Liga 2 saja  namun Liga 3 putaran nasional 2022/2023 juga resmi dihentikan. 

Bagi Asprov yang sudah menggelar kompetisi, kuota dari klub akan tetap bisa digunakan pada musim berikutnya.

error: Content is protected !!