Tak Berkategori  

Rangkuman Hari Ke-320 Serangan Rusia ke Ukraina: NATO dan UE Bermitra, Rusia Ancam Perpanjang Penderitaan

wartabeta.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi “mewarnai” perang Rusia-Ukraina hari ke-320 pada Senin (9/1/2023).

Ini termasuk, Kremlin menyatakan, langkah Perancis dan negara-negara Barat lainnya dalam memasok Ukraina dengan senjata hanya akan membuat hidup lebih sulit bagi Ukraina.

Sementara itu, terungkap dalam dokumen deklarasi, NATO dan UE sepakat berusaha untuk meningkatkan kerja sama setelah invasi Rusia ke Ukraina membatalkan perintah keamanan Eropa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-320 yang dapat Anda simak:

Ukraina tahan gempuran Rusia di Soledar

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Senin, pasukannya berhasil menahan serangan baru di Soledar, dekat kota Bakhmut yang telah coba direbut Moskwa selama berbulan-bulan.

“Saya berterima kasih kepada semua prajurit kami yang melindungi Bakhmut dan semua pejuang di Soledar, yang menahan serangan baru dan bahkan lebih keras dari penjajah!” kata Zelensky dalam pidato hariannya, dikutip dari AFP.

Soledar terletak di wilayah Donetsk , sekitar 15 kilometer dari Bakhmut.

Kota Soledar memiliki populasi 70.000 penduduk sebelum perang yang sekarang menjadi pusat pertempuran.

“Semuanya benar-benar hancur, seluruh tanah di Soledar ditutupi dengan mayat para penyerbu dan luka akibat ledakan,” kata pemimpin Ukraina itu.

Senin pagi, Wakil Menteri Pertahanan Ganna Malyar mengatakan, angkatan bersenjata Ukraina telah menangkis upaya Rusia untuk merebut Soledar, tetapi pertempuran itu masih berlanjut.

“Setelah upaya musuh yang gagal untuk merebut Soledar dan mundur, (Rusia) berkumpul kembali, memulihkan tenaga, memindahkan unit penyerang tambahan, mengubah taktik, dan memulai aksi penyerangan,” kata Malyar di Telegram.

“Saat ini, musuh telah mengerahkan sejumlah besar unit penyerang yang dibentuk dari cadangan terbaik Grup Wagner. Mereka benar-benar menginjak mayat tentara mereka sendiri,” tambah Malyar.

Kanada Konfirmasi pesanan 88 jet tempur F-35

Kanada pada Senin, mengonfirmasi pembelian 88 jet tempur F-35 AS untuk menggantikan armada yang menua senilai 19 miliar dollar Kanada atau sekitar 14,2 miliar dikkar AS.

Ini merupakan investasi terbesar Kanada dalam 30 tahun terakhir untuk pembelian jet tempur.

Perintah pembelian jet tempur F-35 dari AS diumumkan pada Maret 2022 oleh Ottawa.

“Ketika dunia kita semakin gelap, dengan invasi Rusia yang ilegal dan tidak dapat dibenarkan ke Ukraina, dan perilaku China yang semakin asertif di Indo Pasifik, proyek ini menjadi semakin penting,” kata Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand.

“Inilah saatnya kami perlu memastikan pertahanan negara kami… termasuk Arktik kami,” tambah dia.

Perjanjian Kanada dengan Washington dan perusahaan AS Lockheed Martin dan Pratt & Whitney menyerukan pengiriman pesawat pertama pada 2026 dan seluruh armada antara 2032 dan 2034.

Serangan Rusia di pasar Ukraina timur tewaskan 2 orang

Serangan Rusia di pasar desa di wilayah Kharkiv di Ukraina timur menyebabkan sedikitnya dua orang tewas dan enam lainnya cedera pada Senin.

“Enam orang terluka akibat serangan roket di Shevchenkoe. Dua lainnya tewas,” kata Gubernur Kharkiv Oleg Synegubov di media sosial.

Wilayah Kharkiv, yang berbatasan dengan Rusia, hampir setiap hari menjadi sasaran artileri Rusia sejak Februari ketika pasukan Rusia menginvasi.

Korban serangan kali ini adalah dua perempuan, masing-masing berusia 50 tahun dan 60 tahun.

Serangan Rusia di Donetsk dan Kherson

Secara terpisah, dua warga sipil terluka dalam serangan artileri “besar-besaran” di desa Kurakhivka di wilayah Donetsk, Ukraina timur.

Hal itu dikatakan Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko pada Senin.

Serangan Rusia juga terjadi di wilayah Kherson, Ukraina selatan.

Gubernur Kherson Yaroslav Yanushevych mengatakan, satu orang tewas dan seorang perempuan terluka dalam serangan di daerah pemukiman di Kherson yang baru-baru ini direbut kembali oleh pasukan Ukraina.

Rusia klaim kuasai desa dekat Kota Bakhmut

Pasukan separatis yang didukung Rusia di wilayah Donetsk, pada Senin mengeklaim berhasil merebut sebuah desa dekat kota Bakhmut yang sudah coba direbut Moskwa selama berbulan-bulan.

“Desa Bakhmutske di wilayah Republik Rakyat Donetsk dibebaskan oleh Angkatan Bersenjata Federasi Rusia,” demikian disebutkan otoritas separatis dalam sebuah pernyataan di Telegram.

Klaim tersebut belum dapat diverifikasi secara independen.

Desa itu terletak di timur laut Bakhmut, kota pembuat anggur dan pertambangan garam yang dulunya berpenduduk 70.000 orang dan sekarang menjadi pusat pertempuran.

Desa tersebuttepat berada di luar kota Soledar, lokasi tempat pertempuran paling sengit akhir-akhir ini.

NATO dan UE mengincar kemitraan tingkat lanjut

NATO dan UE berusaha untuk meningkatkan kerja sama setelah invasi Rusia ke Ukraina membatalkan perintah keamanan Eropa, kata deklarasi bersama kedua organisasi.

NATO dan UE telah berupaya meningkatkan koordinasi selama bertahun-tahun, meskipun ada kekhawatiran di beberapa pihak bahwa upaya untuk meningkatkan peran UE dalam pertahanan dapat merusak aliansi yang dipimpin AS.

Invasi ke Ukraina telah mendorong seruan untuk lebih memanfaatkan kekuatan gabungan kekuatan ekonomi Eropa dan kekuatan militer AS untuk lebih melindungi satu miliar warga yang tinggal di negara-negara anggota.

“Ini adalah titik kunci untuk keamanan dan stabilitas Euro-Atlantik, lebih dari sebelumnya menunjukkan pentingnya ikatan transatlantik, menyerukan kerja sama UE-NATO yang lebih erat,” kata pernyataan itu, yang kemungkinan akan dirilis oleh pejabat tinggi NATO dan UE pada Selasa (10/1/2023).

“Karena ancaman dan tantangan keamanan yang kita hadapi berkembang dalam lingkup dan besarnya, kami akan meningkatkan kemitraan kami ke tingkat selanjutnya,” tulis pernyataan tersebut.

Dalam deklarasi tersebut, kedua organsiasi antara lain bersepakat untuk mengatasi persaingan geostrategis yang berkembang, melindungi infrastruktur penting, serta menangani ancaman dari teknologi baru dan di luar angkasa sebagai area penting untuk kerja sama yang lebih dalam.

Aktivits Ukraina, Iran, dan Turkiye raih penghargaan HAM Swedia

Tiga perempuan dari Ukraina, Iran, dan Turkiye pada Senin memenangkan penghargaan hak asasi manusia (HAM) Olof Palme Swedia untuk tahun 2023 karena memperjuangkan hak dan kebebasan wanita.

Mereka adalah Marta Chumalo dari Ukraina, Narges Mohammadi dari Iran, dan Eren Keskin dari Turkiye.

“Mereka mendapat penghargaan atas upaya dalam perjuangan untuk mengamankan kebebasan perempuan, di zaman ketika hak asasi manusia terancam oleh perang, kekerasan, dan penindasan,” kata Lembaga penyelenggara penghargaan Olof Palme dalam sebuah pernyataan.

Chumalo yang merupakan seorang psikolog dan feminis telah disorot karena menjadi salah satu pendiri “Perspektif Perempuan”.

Itu adalah sebuah LSM yang mempromosikan hak-hak perempuan dan memerangi kekerasan terhadap perempuan.

“Sejak 2014, dan terutama sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada 2022, Marta Chumalo telah banyak terlibat dalam meningkatkan kesadaran tentang dampak perang, dan dalam menangani kebutuhan para korbannya,” kata lembaga itu.

Kremlin: senjata Barat perpanjang penderitaan Ukraina

Kremlin pada Senin mengatakan, langkah Perancis dan negara-negara Barat lainnya untuk memasok Ukraina dengan senjata, termasuk tank ringan, hanya akan membuat hidup lebih sulit bagi Ukraina.

“Pada dasarnya, pengiriman ini tidak dapat dan tidak akan mengubah apa pun. (Barat) hanya dapat memperpanjang penderitaan rakyat Ukraina,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Dia berkata demikian menanggapi pertanyaan tentang keputusan Perancis untuk mengirim kendaraan lapis baja ke Ukraina.

Presiden Perancis Emmanuel Macron pekan lalu berjanji untuk mengirim tank ringan ke Kyiv.

Langkah untuk memasok RC AMX-10 buatan ePrancis ke Ukraina akan menjadikan Perancis negara Barat pertama yang mengirim tank ke Ukraina.

Meski demikian, Kremlin mengatakan, komunikasi antara Presiden Vladimir Putin dan Macron masih terjalin.

Peskov menyebut, para pemimpin negara yang saling berhubungan “sangat berguna, meski ada perbedaan yang mendalam.”

Setelah Macron berkomitmen untuk mengirim tank ke Kyiv, Kanselir Jerman Olaf Scholz juga menghadapi seruan baru untuk mengirim tank ke Kyiv.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!