Program Bangkit 2023 dari Google Tahun Ini Terima Siswa SMK, Ini Link Daftarnya

wartabeta.com – Google resmi membuka pendaftaran program “ Bangkit 2023”. Program ini ditujukan untuk menciptakan tenaga teknis dan skill yang memumpuni di bidang machine learning, cloud computing, dan Android development.

Untuk menjalankan pelatihan edukasi ini, Google juga bermitra dengan beberapa perusahaan teknologi di Indonesia , seperti GoTo, Traveloka, DeepTech.id, yang nantinya akan bertindak sebagai mentor pelatihan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program Bangkit 2023 kali ini untuk pertama kali dibuka untuk pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejurusan). Sebelumnya, program ini hanya tersedia untuk mahasiswa di sejumlah universitas di Indonesia saja.

“Untuk memastikan keberagaman peserta, kami (Google) membuka program ini ke lebih banyak universitas dan pertama kalinya untuk pelajar SMK,” ujar Director Government Affairs and Public Policy Google, Putri Alam di acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Kapasitas peserta dari program Bangkit 2023 ada sebanyak 9.000 peserta. Angka ini diklaim naik tiga kali lipat dibanding sebelumnya (Bangkit 2022) yang diikuti 3.000 peserta.

Tidak hanya itu, program ini juga telah perluas ke lebih banyak universitas dan perusahaan, yakni 15 universitas dan 72 perusahaan. Pelatihan ini akan dilakukan selama kurang lebih 900 jam atau setara dengan enam bulan secara intens.

Di akhir acara, peserta akan mendapatkan seritifikat, dapat memenuhi jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus, dan berkesempatan mendapatkan pendanaan project jika terpilih menjadi 15 tim terbaik.

Dilansir KompasTekno dari laman Google.com, pendaftaran Bangkit 2023 dibuka dari 7-31 Desember 2022. Bangkit 2023 nantinya akan berjalan selama semester ganjil dan genap di 2023 mendatang.

Pendaftaran Bangkit 2023 bisa dilakukan dengan mengakses . Peserta perlu mengisi beberapa informasi data diri, seperti identitas, e-mail, nama universitas, nomor handphone yang aktif, dan sebagainya.

“Dengan penyertaan Bangkit dalam program Kampus Merdeka , kami merasakan manfaat dari dukungan besar Kemendikbudristek dalam menyusun kurikulum dan memperluas jangkauan ke beberapa universitas,” pungkas Putri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!