[POPULER OTOMOTIF] Bukan Dikunci Setang, Ini Alasan Roda Mobil Perlu Dibelokkan Saat Parkir Anak Kecil | Masuk ke Jalan Tol Desari, Pengelola Tol Minta Maaf

wartabeta.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Beredar video viral yang memperlihatkan roda mobil patroli polisi yang sengaja dibelokkan saat parkir . Rupanya cara ini menjadi salah satu teknik berkendara aman yang patut diikuti masyarakat.

Dilansir dari Tiktok @suryaderry17 (18/3/2023), video mobil yang parkir dengan roda membelok ke salah satu ruas jalan, menjadi standar keamanan bagi petugas jalan tol saat berhenti.

“Ada yang tau gak ya, kenapa roda nya mobil petugas pada di belokin ke kanan???” tulis keterangan pada video tersebut.

Selain itu, belum lama ini, beredar video anak kecil berkeliaran di tengah jalan tol Desari . Pihak pengelola tol pun meminta maaf karena sudah lengah dalam menjaga kawasannya tetap steril dari pejalan kaki.

Pada Kamis (16/3/2023), beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang anak kecil berkeliaran di tengah jalan tol Desari. Diketahui anak kecil tersebut sedang mengejar hewan peliharaannya.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 18 Maret 2023 :

1. Bukan Dikunci Setang, Ini Alasan Roda Mobil Perlu Dibelokkan Saat Parkir

Menanggapi hal ini, netizen ramai di kolom komentar. Umumnya mereka paham, tapi masih banyak juga yang menganggap hal tersebut sekadar iseng bahkan seperti motor yang dikunci setang.

Menjawab pertanyaan tersebut, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, pada dasarnya hal tersebut wajib dilakukan saat mobil berhenti di jalan menanjak atau menurun.

2. Anak Kecil Masuk ke Jalan Tol Desari, Pengelola Tol Minta Maaf

Menurut keterangan resmi dari PT Citra Waspphutowa (CW), pengelola tol Desari, terlihat dari CCTV anak kecil tersebut dan anjing peliharaannya memasuki area kantor PT CW.

“Jam 11.30 sd jam 13.30 Pintu Akses Terbatas (yang ada di Utara area terbatas Kantor Operasional PT CW dan fasilitas pendukungnya) dibuka untuk keperluan karyawan kantor PT CW yang akan istirahat siang dan masyarakat sekitar kantor PT CW turut menggunakan Masjid Babah Alun untuk Ibadah Sholat Dhuzur,” tulis keterangan dari pihak PT CW.

3. Kawasaki Perkenalkan Eliminator, Pakai Mesin 400cc Bergaya Cruiser

Kawasaki Jepang semakin gencar memperkenalkan motor barunya. Seperti yang akan diperkenalkan saat Osaka Motorcycle Show dengan nama Eliminator dan Eliminator SE.

Dikutip dari Young Machine, Kawasaki Eliminator akan datang dalam dua varian, standar dan SE. Untuk harganya, diperkirakan ada mulai 759.000 Yen atau setara Rp 90 jutaan.

Untuk sektor mesin, memakai model yang dipakai pada Ninja 400 dan Z400, yakni 398cc dua silinder segaris. Hasilnya, mesin tersebut mengeluarkan 48 PS atau setara 47,3 TK, menawarkan tenaga yang linear dan enak dibawa manuver.

4. Marc Marquez Keliling Madrid Didampingi Walikota Pakai Yamaha Nmax

Jelang seri pertama MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Portimao, Portugal, Minggu 26 Maret 2023. Pebalap Repsol Honda Marc Marquez kembali ke Kota Madrid, Spanyol.

Seperti diketahui, agenda terakhir Marquez di Madrid adalah peluncuran tim Repsol Honda. Kini pebalap asal Spanyol itu riding di jalanan kota untuk menjajal bahan bakar terbarukan alias biofuel dari Repsol.

5. Beralih ke Sistem Terbuka, Tarif Jalan Tol Desari Berubah

Ruas jalan tol Depok-Antasari (Desari) resmi menggunakan sistem terbuka mulai 18 Maret 2023 pukul 00.00 WIB.

Artinya, jalan tol ini hanya akan menggunakan satu tarif. Tol Desari Seksi Antasari-Brigif-Sawangan sudah mulai melaksanakan perubahan sistem pengumpulan tol dari sistem terbuka.

Sebelumnya, diberlakukan sistem tertutup alias sesuai panjang jarak tempuh, pada seksi Brigif-Krukut-Sawangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!