Tak Berkategori  

Pemilu Malaysia Digelar 19 November 2022, Setahun Lebih Cepat dari Jadwal

wartabeta.com – Pemilu Malaysia akan digelar tanggal 19 November 2022, kata para pejabat pada Kamis (20/10/2022).

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob membubarkan parlemen awal bulan ini dan menyerukan pemungutan suara setahun lebih cepat dari jadwal, untuk menopang mayoritas tipisnya di parlemen yang beranggotakan 222 orang.

“Tanggal pemilihan adalah 19 November”, kata ketua Komisi Pemilihan Abdul Ghani Salleh dalam konferensi pers, dikutip dari kantor berita AFP.

Hari pencalonan untuk para kandidat akan dilakukan pada 5 November 2022. Mantan perdana menteri Mahathir Mohamad yang berusia 97 tahun diperkirakan akan maju lagi.

Partai pimpinan Ismail Sabri, UMNO, yang dominan dalam koalisi Barisan Nasional yang berkuasa, dalam pemilu Malaysia akan bertarung langsung dengan saingannya yaitu aliansi Pakatan Harapan yang dipimpin oleh pemimpin oposisi veteran Anwar Ibrahim.

Partai-partai lainnya yang akan maju termasuk sejumlah partai berbasis Melayu, seperti Pejuang yang dipimpin Mahathir yang mencalonkan diri untuk ketiga kalinya.

Ismail Sabri adalah PM ketiga Malaysia dalam empat tahun terakhir, yang menandai ketidakstabilan politik sejak pemilu 2018.

UMNO–yang memerintah Malaysia selama lebih dari 60 tahun–mengalami kekalahan mengejutkan di tengah tuduhan korupsi besar-besaran terkait dana negara 1MDB.

Perdana menteri saat itu Najib Razak–terlibat dalam skandal miliaran dollar AS yang diduga dicuri dari dana kekayaan negara–digulingkan, didakwa korupsi, dan dihukum setelah persidangan yang panjang.

Pada Agustus 2022, dia mulai menjalani hukuman penjara 12 tahun untuk dakwaan awal, meskipun masih ada puluhan dakwaan lagi yang bisa membuatnya dipenjara lebih lama.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://wartabeta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wartabeta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *