Tak Berkategori  

Pemerintah Targetkan Investasi Tahun 2023 Capai Rp 1.400 Triliun

wartabeta.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan investasi Indonesia pada tahun 2023 dapat mencapai Rp1.400 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto , dalam keterangannya usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/1/2023).

Pemerintah juga akan melakukan perbaikan sejumlah regulasi untuk mencapai target investasi tersebut.

“Terkait dengan investasi, ada beberapa hal yang menjadi evaluasi bahwa tahun ini target daripada Rp1.200 triliun, berdasarkan data BKPM itu bisa dicapai.”

“Cuma Bapak Presiden minta tahun depan targetnya Rp1.400 triliun perlu ada beberapa regulasi yang disempurnakan yaitu tentunya penyempurnaan peraturan pemerintah,” ujar Airlangga, (11/1/2023), dikutip dari presidenri.go.id .

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan ada kendala dalam urusan investasi.

Ia mengungkapkan, kendala yang dimaksud adalah terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)

“Yang kendalanya itu adalah yang kelas besar, ini terkait dengan RDTR yang mana izin-izin lokasinya di daerah-daerah yang memang belum ada RKKPR-nya.”

“Ini yang kami akan lakukan dalam kurun waktu 3-4 bulan ini agar kemudian proses pengurusan izin lokasinya bisa segera kita lakukan,” tutur Bahlil.

“Termasuk Amdal, kami sudah berkoordinasi sama Pak Menko Marves maupun di bawah pimpinan Pak Menko Perkonomian dalam rangka melakukan percepatan hal-hal ini,” lanjutnya.

Bahlil menuturkan, melihat dari kondisi ekonomi global maupun nasional dan dengan dukungan stabilitas ekonomi, pemerintah Indonesia optimistis untuk mencapai target nilai investasi tersebut.

“Atas arahan Pak Menko Perekonomian sangat optimistis untuk pertumbuhan, baik karena melihat dari beberapa laporan lembaga-lembaga dunia tentang ekonomi global maupun ekonomi nasional.”

“Tapi, saya ingin mengatakan bahwa satu saja catatannya, ekonomi nasional kita 2023 akan baik kalau stabilitas kita akan baik,” tandasnya.

Ekspor Indonesia Relatif Kuat

Nilai perdagangan ekspor Indonesia pada tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai ekspor, yaitu USD268 miliar.

Di kesempatan yang sama, Airlangga mengatakan, berbagai komoditas utama seperti besi baja, bahan bakar fosil, dan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) berkontribusi dalam peningkatan tersebut.

“Batu bara bisa mengompensasi impor daripada minyak sehingga kita di bidang energi ini positif sebesar hampir 6,8 billion secara year to date, sedangkan iron and steel 29 billion, dan CPO sekitar 30 billion.”

“Sehingga tentu ini menunjukkan bahwa ekspor Indonesia relatif kuat,” ujar Airlangga.

Airlangga menuturkan, pemerintah memproyeksikan nilai ekspor naik di 12,8 persen dan nilai impor di 14,9 persen.

“Tahun 2022 ekspor kita tumbuh 29,4 persen, impor tumbuh 25,37 persen. Tahun depan (2023) diproyeksikan, karena kita basisnya sudah tinggi, ekspornya naik di 12,8 (persen), impornya 14,9 persen,” tambahnya.

Terkait negara tujuan ekspor, menurut Airlangga, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) masih menjadi negara dengan pangsa pasar yang tertinggi.

Sementara itu, perdagangan antarnegara anggota ASEAN (Intra-ASEAN Trade) juga masih cukup tinggi.

“Ini menjadi potensi bagi Indonesia untuk memperkuat pangsa pasar Indonesia di negara ASEAN dan berketetapan dengan Bapak Presiden memegang keketuaan ASEAN.”

“Jadi ini menjadi prioritas yang diarahkan Bapak Presiden,” imbuhnya.

(Tribunnews.com, Widya)

Video Aksi Samuel Rizal dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat Main Badminton Bareng

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Video Aksi Samuel Rizal dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat Main Badminton Bareng

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Lontarkan Pantun Penolakan Sistem Proporsional Tertutup

Aksi Samuel Rizal dan Menteri Bahlil Lahadalia Main Badminton Bareng

Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Puncak Hari Nusantara 2022 di Kabupaten Wakatobi

Sukses Jadi Tuan Rumah KTT G20, Indonesia Berhasil Kantongi Komitmen Investasi Rp 125 Triliun

Menkeu Soroti Dampak ekonomi Global Tahun 2022: Investor Bursa Global Kehilangan Nilai Investasi

Momen Hakim Persilakan Putri Candrawathi untuk Minum karena Terus Menangis Saat di Persidangan

Putri Candrawati Mengaku Tak Tahu Yosua Ikut ke Duren Tiga Padahal Semobil, Hakim Merasa Heran

FULL Pidato Jokowi saat HUT PDI Perjuangan, Beri Pujian untuk Megawati

PDI Perjuangan Resmikan Kapal Rumah Sakit yang Dinamai Laksamana Malahayati

Megawati Minta Kader yang Gila Jabatan dan Tak Mengayomi Masyarakat untuk Undur Diri

Kumpulan Momen Menangis Putri Candrawathi di Sidang Pemeriksaan Terdakwa Pembunuhan Yosua Hari Ini

error: Content is protected !!