Patriots jegal West Bandits 87-80 di laga ketiga IBL Seri 1 Bali

wartabeta.com – Indonesia Patriots menjegal West Bandits Solo 87-80 dalam laga ketiga Liga Basket Indonesia (IBL) 2023 Seri 1 Bali di GOR Merpati, Denpasar, Rabu.

Rekor dua kemenangan berturut-turut West Bandits pun terhenti setelah dikalahkan Patriots yang memetik kemenangan pertamanya di IBL 2023 Seri 1 Bali setelah kalah dua kali berturut-turut dari Satria Muda Pertamina Jakarta dan tuan rumah Bali United Basketball.

West Bandits sebetulnya bermain cukup apik dan memberi perlawanan yang agresif pada laga ketiganya melawan Patriots hari ini. Itu terlihat dari persentase keberhasilan lemparan langsung West Bandits ke ring Patriots yang lebih besar dari tim pemenang, yaitu 57 persen berbanding 43 persen.

Dari 53 percobaan lemparan langsung ke ring (field goal) oleh West Bandits, 30 di antaranya sukses masuk ke ring Patriots. Sebaliknya, “hanya” 28 lemparan langsung ke ring yang berhasil dieksekusi Patriots dari 65 percobaan.

Tim asal Solo besutan pelatih Nedas Pacevicius juga punya persentase keberhasilan lebih tinggi untuk tripoin, rebound, assist, dan steal.

Meskipun lebih dominan di lapangan, West Bandits melakukan lebih banyak kesalahan (turnover) daripada Patriots, yaitu 19 berbanding 12.

Dari 19 kesalahan yang dibuat oleh West Bandits di lapangan, Patriots mendulang 21 poin. Sementara dari 12 turnover Patriots, West Bandits hanya memanfaatkan itu menjadi 17 poin.

Tidak hanya itu, Patriots, yang beranggotakan pemain muda tim nasional Indonesia, juga memaksimalkan peluang skor dari lemparan bebas (free throw) lebih baik dari West Bandits, mengingat persentase keberhasilan pemain timnas Indonesia itu sampai 89 persen.

Di sisi lain, persentase keberhasilan West Bandits untuk free throw 55 persen atau 12 masuk ring dari 22 tembakan.

Kemenangan pertama Patriots, tim besutan pelatih asal Serbia Milos Pejic, hari ini tercipta salah satunya berkat pemain asing mereka, Anthony Beane Jr., yang kembali menjadi top skor dengan 29 poin, 3 rebound, dan 4 assist.

Pemain naturalisasi tim nasional, Dame Diagne, juga menyetor 17 poin, 3 rebound, dan 1 assist.

Sementara dari jajaran pemain lokal, skor terbanyak untuk Patriots dicetak oleh Karl Patrick Utiarahman yang mencetak 17 poin, 3 rebound, dan 1 assist.

Dari kubu West Bandits, Prince Williams masih dominan di tim dan kembali mencetak skor terbanyak dengan 23 poin, 5 rebound, dan 4 assist. Dari jajaran pemain lokalnya, Mei Joni dari West Bandits juga membukukan 13 poin, 4 rebound, dan 1 assist.

Selepas pertandingan top skor Patriots hari ini, Beane mengaku senang Patriots dapat comeback setelah menelan dua kekalahan berturut-turut.

Ia menilai para pemain muda di Patriots memiliki kualitas yang bagus dan ia yakin ke depan mereka bakal menjadi atlet-atlet bola basket yang hebat jika terus berlatih dan bertanding melawan tim-tim papan atas tanah air.

“Saya senang hari ini kami menang. Kami bermain bagus saat menyerang, dan bertahan,” kata Beane.

Pemain Patriots lainnya, Julian Chalias menyampaikan timnya termotivasi oleh semangat yang diberikan oleh pelatih.

“Coach Milos menyampaikan ke tim bahwa tim ini punya energi dan hustle, tetapi kami kurang fokus. Oleh karena itu, tiap (memulai) game, kami lock in biar fokus offense, defense, hustle, (menjaga) energi, (menjaga komunikasi) ngomong dari bench, dari lapangan,” kata Julian.

Hingga akhir pekan ini, Patriots akan menjalani laga terakhirnya di IBL 2023 Seri 1 Bali melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Sabtu (21/1). Sementara West Bandits juga akan melakoni laga terakhirnya di Seri 1 Bali melawan Dewa United Banten, Jumat (20/1).

error: Content is protected !!