Travel  

Pasar Lama Tangerang: Jam Buka, Rute, dan Tips Berkunjung

wartabeta.com

KOMPAS.com – Kawasan Pasar Lama Tangerang memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai wisata sejarah di beberapa bangunan tua, hingga wisata kuliner pada malam hari.

Khusus wisatawan yang belum pernah berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang, sebaiknya menyusun rencana perjalanan sebelum berangkat guna memaksimalkan waktu kunjungan.

Simak panduan lengkap berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang berikut.

Rute dan Jam buka Pasar Lama Tangerang

Jam buka

Pasar Lama Tangerang dapat dikunjungi setiap hari.

Khusus wisatawan yang ingin mencoba kulineran pada malam hari di kawasan Pasar Lama Tangerang bisa datang mulai pukul 19.00 WIB.

Rute ke Pasar Lama Tangerang

Walau Pasar Lama Tangerang bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, tapi wisatawan juga bisa mencapainya dengan naik KRL Commuter Line.

Pasar Lama Tangerang berada di Jalan Kisamaun, Sukasari, Kota Tangerang, Banten. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena dekat Stasiun Tangerang.

Jarak antara gerbang Pasar Lama Tangerang dan Stasiun Tangerang sekitar 600 meter dengan durasi berjalan kaki sekitar 10 menit.

Wisatawan bisa naik KRL stasiun awal yakni Stasiun Tanah Abang menuju stasiun akhir yaitu Stasiun Tangerang.

  • Stasiun Tanah Abang- Stasiun Duri

Dari arah Jakarta, wisatawan yang ingin ke Pasar Lama Tangerang bisa naik KRL dari Stasiun Tanah Abang.

Usai melakukan tap in menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) di pintu masuk, mereka dapat menuju ke peron tiga.

Kereta yang akan dinaiki yaitu kereta rute tujuan akhir Stasiun Kampung Bandan, dan nantinya wisatawan bisa turun di Stasiun Duri.

  • Stasiun Duri – Stasiun Tangerang

Setibanya di Stasiun Duri, wisatawan bisa transit atau perpindahan kereta ke peron lima dan menunggu kereta tujuan ke Tangerang.

Dari Stasiun Duri, kereta akan melewati beberapa stasiun, antara lain Stasiun Grogol, Stasiun Grogol, Stasiun Pesing, Stasiun Taman Kota, Stasiun Bojong Indah, Stasiun Rawa Buaya, Stasiun Kalideres, Stasiun Poris, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Tanah Tinggi, dan Stasiun Tangerang.

Jika sudah turun di Stasiun Tangerang, wisatawan bisa melakukan tap out untuk keluar dari stasiun. Saldo pun akan berkurang sesuai jarak stasiun awal keberangkatan.

Dari pintu keluar Stasiun Tangerang, wisatawan bisa mengambill jalur kiri dan jalan kaki sejauh 300 meter hingga bertemu persimpangan di dekat Masjid Raya Al-Ijtihad.

Di persimpangan tersebut, wisatawan belok ke arah kiri dan jalan kaki sekitar 300 meter hingga bertemu gerbang Pasar Lama Tangerang.

Kawasan kuliner malam Pasar Lama berada di jalur sebelah kiri dari arah gerbang Pasar Lama Tangerang.

Khusus wisatawan yang datang ke Pasar Lama Tangerang menggunakan kendaraan sepeda motor, dapat parkir di depan gerbang Pasar Lama.

Tips ke Pasar Lama Tangerang

1. Bawa payung

Udara di kawasan Pasar Lama Tangerang bisa terasa cukup panas, terlebih jika wisatawan berkunjung saat siang hari dan matahari tengah terik.

Wisatawan bisa payung untuk melindungi tubuh dari teriknya matahari saat berkeliling.

2. Amankan bawang bawaan

Ramainya kawasan Pasar Lama Tangerang baik pada siang maupun malam hari tentu tidak lepas dari tangan-tangan nakal para pencopet.

Sebaiknya tas atau barang dibawa sebaiknya disandang ke depan. Jika memungkinkan, sebaiknya jangan membawa terlalu banyak barang saat berkunjung ke Pasar Lama.

3. Bawa uang tunai

Kegiatan jual-beli yang dilakukan di kawasan Pasar Lama Tangerang masih menggunakan uang tunai, dan jarang ada pedagang yang melayani transaksi non-tunai.

Maka dari itu, wisatawan dianjurkan menyiapkan uang tunai yang cukup sebelum datang ke kawasan Pasar Lama Tangerang.

4. Bikin rencana perjalanan

Kawasan Pasar Lama Tangerang sekilas tampak seperti pasar biasa, namun bila ditelusuri lebih lanjut, di kawasan ini juga terdapat bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Museum Benteng Heritage.

Berkunjung tanpa adanya perencanaan yang matang mungkin akan membuat wisatawan menghabiskan waktu cukup lama di salah satu tempat saja. Alhasil, wisatawan tidak bisa mengunjungi semua tempat wisata.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya wisatawan mencari tahu soal kawasan ini terlebih dahulu dan membuat rencana perjalanan atau itinerary.

Itinerary akan dapat membantu wisatawan untuk memaksimalkan waktu kunjungan.

5. Naik transportasi umum

Khusus wisatawan yang berangkat ke Pasar Lama Tangerang dari arah Jakarta, disarankan untuk naik moda transportasi KRL Commuter Line supaya lebih hemat.

Stasiun terdekat dari kawasan Pasar Lama Tangerang adalah Stasiun Tangerang, kamu bisa naik kereta dari Stasiun Duri dan menumpangi kereta tujuan akhir Stasiun Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!