Tak Berkategori  

Norwegia Percaya Diri Bisa Menopang Energi Eropa

wartabeta.com – Pemerintah Norwegia mengatakan sedang berada dalam posisi kuat untuk membantu meningkatkan keamanan energi Eropa .

Mereka kian membanggakan keuntungan dalam produksi minyak mentah dan gas alamnya.

Dilansir dari UPI, Direktorat Perminyakan Norwegia, regulator energi nasional, mengatakan total produksi pada tahun 2022 mencapai 4 juta barel per hari.

Produksi minyak mentah hanya untuk November, bulan penuh terakhir yang datanya dimiliki pemerintah, rata-rata 1,7 juta barel per hari, sementara produksi gas alam mencapai 3,7 miliar kaki kubik per hari.

“Produksi sangat tinggi, dan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang,” kata NPD.

NPD memperkirakan gas alam menyumbang lebih dari setengah dari semua bahan bakar fosil yang diambil dari perairan Norwegia.

Secara total, pemerintah memperkirakan produksi gas alam tahun lalu sebesar 13 miliar kaki kubik per hari.

Cekungan Appalachia, cekungan gas alam serpih paling produktif di Amerika Serikat, menghasilkan sekitar 35 miliar kaki kubik per hari, sebagai perbandingan.

Tetapi dengan disingkirkannya minyak mentah dan gas alam Rusia karena sanksi yang didukung Barat yang diberlakukan atas agresinya di Ukraina, AS dan Norwegia mengambil alih sebagian pangsa pasar Eropa.

Torgeir Stordal, direktur umum di NPD, mengatakan Norwegia telah memperkuat dirinya sebagai pemasok jangka panjang yang dapat diprediksi untuk ekonomi Eropa dan produktivitasnya pada tahun 2023 tidak boleh mengecewakan.

NPD memiliki 13 rencana pembangunan baru untuk diselesaikan dan mengharapkan investasi sekitar 30 miliar dollar AS di sektor ini.

Mereka bisa membawa lebih banyak minyak dan gas tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!