Microsoft Teams Kini Bisa Buka Chat Baru di Jendela Terpisah

wartabeta.com – Microsoft mencoba untuk terus mendorong aplikasi Teams agar bisa menjadi platform percakapan utama untuk perangkat PC. Perusahaan asal Redmond tersebut telah menjadikan Teams sebagai bagian integral dari Windows 11, sambil terus memperbaruinya agar memiliki kemampuan dan fitur yang terus meningkat setiap hari. Salah satu pembaruan tersebut telah membawa kemampuan untuk memisahkan jendela Chat dari aplikasi Teams utamanya.

Fitur ini sebelumnya juga ada di Skype for Business, yang kini semakin digantikan keberadaanya oleh Teams. Meskipun sebelumnya anda dapat memunculkan jendela Chat dari aplikasi utama, jendela terpisah akan mengurangi beberapa gerakan kursor saat anda memulai obrolan baru. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik ikon ‘More Options’ yang biasanya ditandai dengan tiga titik di kanan atas aplikasi dan memilih Settings.

Dari sana, pengguna dapat memilih opsi “New Window” yang tersedia di bawah bagian “Open New Chat in”. Dengan melakukan ini, jendela chat akan terbuka dengan mengklik opsi chat baru atau hanya dengan menekan Ctrl + N.

Berbagi Jendela Teams

Sementara itu pada versi Pratinjau Windows 11 Build 22499 yang dikirimkan ke kanal Pengembang di Windows Insider, Microsoft Teams juga mendapatkan sebuah kemampuan baru.

Ini adalah kemampuan untuk secara cepat membuka jendela aplikasi untuk melakukan panggilan. Ketika mengarahkan jendela baru di Taskbar, pengguna kini akan melihat tombol “Share this Window” di bagian bawah pop-up untuk membagikan konten dari aplikasi yang terbuka ke panggilan Teams.

Saat ini, pengalaman berbagi yang baru ini hanya akan tersedia untuk pengguna Windows Insider yang telah memasang aplikasi Microsoft Teams untuk akun kerja atau sekolah, yang berbeda dengan akun pelanggan umum di Windows 11.

Microsoft Teams memiliki lebih dari 145 juta pengguna aktif setiap hari. Karena kolaborasi jarak jauh di seluruh industri menjadi lebih umum secara global, semakin banyak pengguna yang mencoba platform ini. Dengan pengaya dan peningkatan fitur yang konstan, Microsoft ingin memastikan Teams memberikan persaingan ketat dengan aplikasi lain seperti Zoom dan Google Meet.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.