Microsoft akan Matikan SMB Guest di Windows 11 Pro

wartabeta.com – Microsoft kini kembali memberikan layanan terbaru mereka untuk bisa digunakan oleh semua pengguna Windows 11, kini Microsoft kembali ,lagi meningkatkan sistem keamanan di Windows 11 dengan menggunakan akses dari SMB, Selasa (17/01).

Balik ke tahun 2022, di mana Microsoft sempat memberikan pernyataan bahwa mereka akan menyediakan SMB Authentication Rate Limiter untuk pengguna Windows Insider, yang mana dengan pemberian itu maka keamanan di sistem Windows kembali ditingkatkan.

Akses ini bekerja dengan cara memblokir sebuah penyerangan yang mencoba mencoba untuk masuk ke dalam SMB Server, yang mana beberapa tahun sebelumnya memang banyak dilaporkan terjadinya serangan yang tak diinginkan.

Namun agaknya ini menjadi sedikit membingungkan untuk pengguna, karena baru-baru ini Microsoft mengatakan bahwa mereka telah lama mempertimbangkan dan akhirnya memutuskan bahwa mereka akan mematikan layanan SMB Authentication dengan maksud untuk meningkatkan keamanannya juga.

Lantas bagaimana strategi Microsoft untuk menggantikannya? Mengenai hal ini, Microsoft sendiri menjawab bahwa mereka sudah mulai memberlakukan pemberhentian ini sejak Windows 11 Pro dengan build Insider Preview 25267 dan 25276 yang mana telah resmi dihentikan dan digantikan dengan sistem keamanan terbaru.

Microsoft ternyata memiliki alasan tersendiri mengapa mereka menghentikan SMB Authentication dan mengubahnya menjadi jenis keamanan yang lebih fleksibel. Menurut mereka, perubahan menggunakan Guest Autehtication tadi tak mendukung beberapa jaluar seperti audit serta mekanisme keamanan yang tak mendukung selayaknya menggunakan Certificate dan Fingerprint.

Itu memunculkan serangan yang lebih menarik untuk beberapa serangan seperti misalnya Man in the Middle Attact. Ini bisa membentuk skenario server jika Microsoft masih mempertahankan menggunakan sistem SMB Authentication.

Sistem keamanan yang dimiliki oleh pengguna tentu saja akan terancam, di mana serangan ini bisa membuat penggunanya beralih aktor dan membuat Logon Guest asing untuk membaca dan menyalin akses ada oun ke semua jaringan yang terhubung dan yang berbahaya ialah Microsoft tak dapat mengetahui posisinya karena tak meninggalkan jejak audit sama sekali.

Maka dari itu, dengan menghapus SMB Authentication maka Microsoft menganggap bahwa itu ada keputusan yang tepat. Jadi pengguna Windows 11 kini sudah bisa merasa aman setelah Microsoft sekali lagi telah meningkatkan keamanan di sistem mereka.

EDITOR: HUDALIL MUSTAKIM

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

    error: Content is protected !!