Bisnis  

Mengenal Apa Itu Uang Fiat: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

wartabeta.com – Uang fiat adalah mata uang modern yang saat ini digunakan oleh sebagian besar negara di dunia. Seperti apa contoh uang fiat ?

Dikutip dari Investopedia pada Selasa (15/11/2022), uang fiat artinya mata uang yang dikeluarkan pemerintah yang tidak didukung oleh komoditas fisik, seperti emas atau perak.

Dengan demikian, sebuah uang dikategorikan sebagai uang fiat jika tidak mensyaratkan adanya cadangan fisik emas atau komoditas lainnya dalam penerbitan uang tersebut.

Hal ini sekaligus yang menjadikan adanya perbedaan uang komoditas dan uang fiat . Tanpa adanya komoditas, lalu apa yang menjamin nilai uang fiat?

Nilai uang fiat diturunkan dari hubungan antara penawaran dan permintaan dan stabilitas pemerintah penerbit, bukan dari nilai komoditas yang mendukungnya.

Asal usul mata uang fiat

Istilah “fiat” adalah kata Latin yang sering diterjemahkan sebagai “itu akan menjadi” atau “biarkan itu dilakukan.”

Jadi mata uang fiat hanya memiliki nilai karena pemerintah mempertahankan nilai itu. Dengan kata lain, tidak ada utilitas untuk uang fiat itu sendiri.

Contoh uang fiat yakni Dollar AS, Euro, dan sejumlah mata uang utama lain yang beredar di dunia tanpa mematok penerbitannya ke komoditas fisik.

Mata uang fiat muncul ketika pemerintah akan mencetak koin dari komoditas fisik yang berharga, seperti emas atau perak, atau mencetak uang kertas yang dapat ditukarkan dengan sejumlah komoditas fisik.

Fiat, bagaimanapun, tidak dapat diubah dan tidak dapat ditebus hanya karena tidak ada komoditas dasar yang mendukungnya.

Kekurangan dan kelebihan uang fiat

Uang fiat berfungsi sebagai mata uang yang baik jika dapat menangani peran yang dibutuhkan perekonomian suatu negara dari unit moneternya seperti menyimpan nilai, menyediakan akun numerik, dan memfasilitasi pertukaran.

Salah satu kelebihan uang fiat adalah memiliki seigniorage yang sangat baik, yang berarti lebih hemat biaya untuk diproduksi daripada mata uang yang terkait langsung dengan komoditas.

Mata uang fiat menjadi terkenal di abad ke-20 sebagian karena pemerintah dan bank sentral berusaha untuk melindungi ekonomi mereka dari efek terburuk dari ledakan alami dan kegagalan siklus bisnis.

Karena uang kertas bukanlah sumber daya yang langka atau tetap seperti emas, bank sentral memiliki kontrol yang jauh lebih besar atas pasokannya, yang memberi mereka kekuatan untuk mengelola variabel ekonomi seperti pasokan kredit, likuiditas, suku bunga, dan perputaran uang.

Misalnya, Federal Reserve AS memiliki mandat ganda untuk menjaga pengangguran dan inflasi tetap rendah. Lantas apakah uang fiat artinya tanpa kekurangan?

Terkait hal ini, karena uang fiat tidak terkait dengan cadangan fisik, seperti cadangan emas atau perak nasional, uang tersebut berisiko kehilangan nilai karena inflasi atau bahkan menjadi tidak berharga jika terjadi hiperinflasi.

Dalam beberapa kasus hiperinflasi terburuk, seperti di Hongaria segera setelah Perang Dunia II, tingkat inflasi dapat berlipat ganda dalam satu hari.

Selanjutnya, jika orang kehilangan kepercayaan pada mata uang suatu negara, uang itu tidak akan lagi memiliki nilai.

Ini jauh berbeda dari mata uang yang didukung oleh emas. Ini juga menjadi perbedaan uang komoditas dan uang fiat yang perlu diperhatikan.