Mana Lebih Bertenaga, Innova Zenix Bensin atau Reborn Diesel

wartabeta.com – Tak hanya versi hybrid, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyediakan Innova Zenix bensin yang hadir dengan mesin baru.

Menariknya, mesin bensin berkapasitas 2.000 cc dengan kode M20A-FKS Dynamic Force Engine tersebut, diklaim lebih efisien dan bertenaga dibanding Innova Reborn Diesel .

Berdasarkan data di atas kertas, mesin baru pada Innova Zenix bensin mampu menghasilkan tenaga 174 PS atau setara 171,5 tk pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm atau 204,9 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Dibanding mesin bensin pada generasi sebelumnya yang hanya mampu mengeluarkan tenaga 137 tp pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm di 4.000 rpm, dapur pacu Zenix jelas lebih unggul.

Begitu juga disandingkan dengan versi Innova Reborn diesel . Meski memiliki kapasitas mesin yang besar, yakni 2.400 cc dan torsi yang lebih tinggi, tapi di atas kertas tenaganya hanya 146,9 tk, jauh di bawah mesin bensin baru yang diaplikasi Innova Zenix.

Dari data tersebut bisa dipastikan sisi responsif Innova Zenix bensin lebih agresif dibandingkan model sebelumnya. Bahkan sejak dari putaran bawah.

Hal ini sempat redaksi rasakan sendiri beberapa waktu lalu melalui tipe V CVT yang dipasarkan sebesar Rp 467 juta on the road Jakarta. Tenaga yang padat mampu membuat akeselerasi di awal lebih agresif.

Tentu hal ini juga tak hanya dipengaruhi dari sisi dapur pacu saja, tapi beragam perubahan lain yang diberikan Toyota pada generasi baru Innova saat ini.

Seperti diketahui, dengan menggunakan platform Toyota New Global Architecture ( TNGA ) sebagai basis pengembangan, Toyota berupaya menghadirkan ever-better cars. Arsitektur TNGA memberikan kesempatan kepada desainer untuk mengembangkan performa kendaraan di level terbaiknya.

Perubahan paling drastis selain desain dan mesin adalah penggerak roda yang kini menjadi front wheel drive alias FWD. Hal ini tentu saja sangat membantu akselerasi pada putaran bawah yang lebih responsif.


Tak hanya itu, salah satu ciri khas penggerak roda depan adalah tingkat presisi kemudi yang lebih baik, terutama saat bermanuver. Tak heran bila Innova Zenix memang terasa lebih fun to drive .

Olahan tenaga dari mesin ke roda depan disalurkan via transmisi 10 percepatan CVT K120 yang diklaim memiliki kinerja komponen mekanis efisien dan rasio sabuk baja lebih lebar guna meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan operasional yang lebih senyap.

Akselerasi yang responsif dan sisi fun to drive dalam berkendara Innova Zenix bensin juga tak lepas dari penggunaan platform TNGA. Seperti peningkatan rigiditas chassis yang membuat mobil lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Tak kalah penting, reduksi bobot keseluruhan yang terpangkas hingga 170 kilogram (kg) dibandingkan Innova Reborn, yang berujung memberikan kualitas berkendara lebih baik hingga fuel efficiency lebih hemat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!