Travel  

Mampir ke Korea 360, Bisa Nikmati Konten K-Pop hingga Belajar Budaya

wartabeta.com – Pencinta kebudayaan Korea Selatan bisa coba berkunjung ke Korea 360 , sebuah ruang kreatif yang menyajikan konten-konten Negeri Ginseng.

Korea 360 diselenggarakan di Ground Floor (GF) Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof DR Satrio No 3, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dalam satu lantai, Korea 360 terbagi menjadi beberapa area, mulai dari The Panorama (Satrio Gate), Time To Korea (Main Atrium), hingga Collect Town (Department Store).

Semuanya tergabung untuk memberikan ide baru bagi pengunjung yang ingin menambah pengalaman tentang Korea, seperti K-Pop hingga K-Culture.

“Sesuatu yang baru, kami ingin menyajikan konten terkait Korea. Karena ini kerja sama Korea Creative Content Agency (KOCCA) dengan beberapa instansi lain, seperti Korea Tourism Organization (KTO) dan Korean Cultural Center (KCC),” ujar PR and Media Officer Korea Tourism Organization (KT0) Jakarta Office Novi Nursyahbani, saat ditemui di Kuningan, Minggu (4/12/2022).

Sehingga, kata dia, pengunjung tidak hanya bisa menambah wawasan seputar pariwisata, tetapi juga merek serta produk Korea.

Korea 360 telah dibuka sejak 1 November 2022 dan direncanakan buka sampai empat bulan ke depan.

“Saat ini Korea 360 diadakan sampai Februari 2023. Tapi dari KOCCA dan instansi lain masih melihat antusiasme pengunjung, ada kemungkinan diperpanjang,” tutur seorang staf bernama Nurul dari booth Tour yang dikelola KTO.

Konten-konten di Korea 360

Seperti disampaikan di atas, pengunjung bisa melihat berbagai sajian konten Korea di ruang kreatif ini.

Dari pintu masuk lantai dasar, Satrio Gate, pengunjung disambut dengan atribut dan atraksi khas Korea seperti Star 360, Photo 360, hingga Korea 360 Road.

Di area ini, terdapat instalasi Love Lock, yang mana pengunjung bisa menggantungkan gembok cinta di pagar besi seperti yang ada di Menara Namsan di Seoul.

Naik tangga sedikit, alur pengunjung berlanjut ke panggung utama atau Main Atrium, berisi Korea 360 Cafe by Kwangya, Star Gallery, dan Korea 360 Stage.

Ruangan ini didesain dengan konten K-Wave, berisi atraksi dan aktivitas yang berbeda.

Seperti hari ini, Minggu (4/12/2022), KTO Jakarta mengadakan Hybrid Talkshow bertajuk “Ngobrol Asik Seputar Korea” dengan host Tiffani Afifa dan bintang tamu Ghea Indrawari, yang berlokasi di Main Atrium.

Hybrid Talkshow tersebut membicarakan informasi seputar topik perjalanan ke Korea, permainan, hingga sesi giveaway album K-Pop.

Dari Main Atrium, pengunjung bisa berpindah ke area sebelahnya yaitu Collect Town. Area ini bertujuan menghubungkan pengunjung dengan produk dan merek asal Korea Selatan.

Sesuai namanya, Collect Town merupakan singkatan dari Content, Organic, Living & Lifestyle, Eating, Culture, dan Tour.

Mulai dari booth Content, ada Hobby Room Creative Studio yang menyajikan konten seputar karya-karya dari Korea. Mulai dari pajangan album K-Pop hingga boneka-boneka tokoh Larva dan animasi lainnya.

Lalu, booth Organic menawarkan aneka kosmetik dan produk perawatan tubuh. Kemudian booth Living & Lifestyle menampilkan instalasi alat elektronik, design goods, dan consumer goods.

Booth Eating, menyajikan produk makanan dan area demo memasak. Selanjutnya, pengunjung bisa melihat booth Culture berisi instalasi budaya tradisional seperti Hangul, senjata perang, dan pajangan keramik.

Terakhir, booth Tour memiliki Imagine Your Korea Gallery, stand informasi seputar pariwisata, hingga VR Experience. Pengunjung bisa melihat keindahan Korea secara virtual melalui VR tersebut.

Tentang Korea 360

Sebagai informasi, Korea 360 merupakan sebuah ruang kreatif untuk mempromosikan konten dari Korea, termasuk K-beauty, K-food, hingga K-pop di Asia Tenggara.

Korea 360 menyebarkan konten-konten Hallyu yang dapat memberikan informasi kepada pencinta kebudayaan Korea.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA) dan diikuti tujuh instansi Pemerintah Korea Selatan yaitu Korean Cultural Center (KCC), Korea Trade-investment Promotion Agency (KOTRA).

Lalu, Korea international Trade Association (KITA), Korea Tourism Organization (KTO), Korea Agro- Fisheries & Food Trade Corporation (aT), Korea Cosmetic Industry Institute (KCI) dan Korea Institute of Design Promotion (KIDP).

error: Content is protected !!