Kondisi Terkini Siti Fadia Ramadhanti, Dokter Ungkap Peluang Tampil di Indonesia Masters 2023

wartabeta.com – Pebulu tangkis ganda putri, Siti Fadia Silva Ramadhanti, sedang menjalani pemulihan cedera kaki kanannya. Kini, berpeluang Siti Fadia Silva Ramadhanti berpeluang untuk tampil lagi di Indonesia Masters 2023 .

Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalami cedera kaki kanan akibat salah pendaratan saat bertanding di babak semifinal Malaysia Open 2023. Saat itu, dirinya dan Apriyani Rahayu berhadapan dengan Chen Qing Chen-Jia Yi Fan yang merupakan ganda putri peringkat pertama dunia asal China.

Dengan kondisi cedera itu, Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Apriyani Rahayu telah memutuskan mundur dari ajang India Open 2023. Kemudian, Fadia memilih langsung pulang untuk menjalani tes MRI di Jakarta pada Minggu, 15 Januari 2023 lalu.

Setelah beberapa hari berlalu, Kepala Tim Medis Pelatnas PBSI Prof Nicolaas Budhiparama menjelaskan perkembangan pemulihan Fadia yang disebutnya membaik.

“Kami sudah melakukan semua sisi penanganan. Sampai hari ini, proses penyembuhan cedera Fadia cukup baik,” ujar Prof Nicolaas Budhiparama, dikutip Pikiran-rakyat.com dari akun Instagram resmi PBSI , @badminton.ina .

Berbekal penjelasan awal itu, penggemar bulu tangkis berharap agar Apriyani-Fadia segera diturunkan di Indonesia Masters 2023 yang berlangsung sepanjang 24-29 Januari mendatang.

Namun, dokter Pelatnas PBSI , dr. Grace Joselini Corlesa mengatakan keputusan kembali ke lapangan harus menggunakan banyak pertimbangan.

Artinya, kondisi cedera yang ringan tetap harus melihat pertandingan-pertandingan berikutnya.

“Dilihat dari cederanya, memang cenderung ringan, tapi kami tetap harus mengambil keputusan-keputusan yang tepat,” ujar dr. Grace memaparkan pandangan.

“Keputusan kembali ke lapangan benar-benar harus kami pikirkan, jangan sampai mengorbankan pertandingan-pertandingan berikutnya,” ujarnya.

Dengan berbagai pertimbangan itu, dr. Grace mengaku masih akan memantau perkembangan pemulihan Fadia sampai mendekati hari pelaksanaan Indonesia Masters 2023 .

“Jadi untuk Fadia, kita masih akan evaluasi lebih lanjut sampai mendekati hari sebelum Indonesia Masters 2023 ,” ujarnya menegaskan.

Eng Hian alias Koh Didi sebagai pelatih ganda putri yang hadir dalam kesempatan itu, juga menyetujui penjelasan dua pakar kesehatan di PBSI .

Koh Didi menyatakan sikap tegas yang tidak memaksa Fadia segera tampil, terlebih jika sampai akhir minggu ini masih belum siap.

Bagi Koh Didi, turnamen jangka panjang yang lebih dipikirkan, sehingga Fadia diperkenankan menjalani pemulihan lebih lama dari cederanya itu.

“Saya sebagai pelatih tidak boleh memikirkan hanya satu turnamen, tapi lebih memikirkan jangka panjang,” ujar Coach Eng Hian menguraikan penjelasan.

“Bila memang kondisinya belum siap hingga akhir minggu ini, saya tidak akan memaksa Apriyani Rahayu/Siti Fadia turun di Indonesia Masters,” ujarnya lagi.***

error: Content is protected !!