Tak Berkategori  

Komisi Nasional Disabilitas: Penyandang Disabilitas Berhak Memperoleh Pekerjaan Tanpa Diskriminasi

wartabeta.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyandang disabilitas juga mempunyai hak untuk mendapat pekerjaan serta perlakuan yang bebas dari diskriminasi.

Pengusaha dan para pekerja agar berkomitmen dalam menghapus segala bentuk diskriminasi khususnya pada pekerja disabilitas di tempat kerja.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) dengan Komisi Nasional Disabilitas (KND) pada Kamis (12/1/2023).

Tim FSPPB dipimpin Presiden FSPPB Arie Gumelar dengan didampingi Marcellus Hakeng Jayawibawa sebagai Juru Bicara dan Hubungan Media FSPPB, serta anggota lainnya.

Rombongan diterima Komisioner Komisi Nasional Disabilitas antara lain Ketua KND Dr Dante Rigmalia, Wakil Ketua KND Deka Kurniawan, Komisioner KND Kikin P. Tarigan dan Komisioner lainnya.

Ketua KND Dr Dante Rigmalia mengatakan, pekerja penyandang disabilitas juga mempunyai hak yang sama dengan yang bukan penyandang disabilitas .

“Ada beberapa hak pekerjaan untuk penyandang disabilitas yang meliputi hak memperoleh pekerjaan tanpa diskriminasi , memperoleh upah yang sama dengan non penyandang disabilitas dalam jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang sama, memperoleh akomodasi yang layak dalam pekerjaan tidak diberhentikan karena alasan disabilitas, mendapatkan program kembali bekerja dan hak lainnya,” kata Dante dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/1/2023).

KND, kata Dante memiliki tugas melakukan pemantauan, evaluasi, dan advokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak Penyandang Disabilitas.

“Dalam Undang Undang No. 8 Tahun 2016 disebutkan bahwa penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak,” katanya.

Presiden FSPPB Arie Gumelar mengatakan, pertemuan dengan pihak Komisioner Komisi Nasional Disabilitas dilakukan FSPPB guna menjalin silaturahmi dan meningkatkan awareness kita terkait pekerja penyandang disabilitas .

Arie menyebut yang disampaikan oleh Ketua KND untuk FSPPB sangat bermanfaat mengingat FSPPB merupakan wadah dari berbagai serikat pekerja yang ada di PT Pertamina.

Selain itu para pekerja Pertamina juga mempunyai risiko besar menghadapi suatu kecelakaan kerja.

“FSPPB juga telah melakukan langkah dengan mengakomodasi beberapa pekerja, yang karena suatu hal seperti kecelakaan sehingga mengakibatkan bagian tubuh pekerja tidak sempurna lagi untuk tetap dapat bekerja di PT Pertamina. Kita perjuangkan nasibnya agar tidak mendapatkan diskriminasi saat mereka bekerja,” kata Arie.

Marcellus Hakeng, Juru Bicara dan Hubungan Media mengatakan, pekerja atau buruh, serikat pekerja atau serikat buruh serta organisasi pengusaha harus turut dalam mencegah ketidaksetaraan dan diskriminasi di tempat kerja.

“Aspek pembangunan hubungan industrial salah satunya penerapan kesempatan kerja dan perlakuan sama tanpa diskriminasi dalam pekerjaan,” kata Hakeng.

Erick Thohir Ungkap BUMN Upayakan Kesetaraan Kesempatan Bagi Penyandang Disabilitas

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Erick Thohir Ungkap BUMN Upayakan Kesetaraan Kesempatan Bagi Penyandang Disabilitas

Bisa Dicontoh, Piala dunia 2022 Qatar Sediakan Fasilitas dan Akses Khusus yang Ramah Disabilitas

Penyandang Disabilitas di Medan Tewas Dibunuh, Jasad Dibuang dengan Kondisi Terbungkus Karung

Pria Disabilitas Jadi Tersangka Pencabulan Meski Akui Hanya Memandikan Bocah Perempuan 7 Tahun

Menyaksikan Penyandang Tuna Rungu Membaca Ayat Suci Alquran Menggunakan Bahasa Isyarat

Penyandang Disabilitas asal Kediri Sukses Menyulap Bambu Menjadi Kerajinan yang Bernilai Jutaan

Indonesia Kerahkan Kapal Perang ke Natuna, Pantau Gerak-gerik Kapal ‘Monster’ Coast Guard China

Rusia Puji Kehebatan Grup Wagner, Kelompok Tentara Bayaran yang Berhasil Kuasai Soledar dari Ukraina

Strategi Puan Maharani Tingkatkan Kepercayaan Publik terhadap DPR: Buka Diri Ke Publik

reza reg puan7

Puan Maharani: Kerja Saja, Enggak Mikir Capres PDIP Kok Bukan Saya

Geger! Warga Lebak Banten Temukan 2 Mayat di Perkebunan Karet, Kaki Kedua Jasad Terikat Tali

error: Content is protected !!