Ketika Ubi Ungu Jadi Oleh-oleh dalam Bentuk Bolu dan Bakpao

wartabeta.com – Ubi jalar atau sering disebut ketela rambat adalah salah satu makanan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Karena mudah ditemukan, banyak kudapan yang bisa dibuat dari ubi jalar. Mulai dari ubi goreng, bola ubi, untuk kolak, atau hanya direbus.

Selain enak, bahan pangan ini juga memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ubi jalar sarat dengan vitamin dan antioksidan yang menjadikannya bagus untuk diet apa pun.

Meski begitu, ubi kerap dianggap sebagai makanan kuno atau murahan. Padahal tidak demikian. Saat ini ubi sudah bisa diolah menjadi berbagai kue modern dengan cita rasa yang lezat.

Salah satunya adalah bolu bakpao telo (ketela) yang dibuat di Kota Malang. Olahan makanan telo asli Malang ini dikembangkan dengan inovasi baru dan modifikasi produk yang lebih kekinian oleh PT Agrinesia Raya dengan nama Bolu Malang Singosari.

Pemilik Bolu Malang Singosari, Rizka Wahyu Romadhona mengatakan, “Kami berharap menjelang Bulan Ramadhan ini, Bolu Bakpao Telo menjadi salah satu oleh-oleh saat berkunjung ke Malang. Semoga varian ini bisa diterima sehingga ikut meningkatkan perekonomian.”

Rizka juga memastikan produk terbaru ini dikemas dengan packaging modern, premium, dan harga terjangkau sehingga juga bisa menjadi oleh-oleh menarik.

Menurut catatan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Jawa Timur, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang selama tahun 2022 mencapai lebih dari 13.555 ribu orang.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Arumi Bachsin juga mengapresiasi Bolu Malang Singosari dan berharap makin banyak terobosan lain yang bisa menjadi salah satu ikon oleh-oleh dari kota Malang.

“Selepas pandemi sebetulnya dari segi pariwisata sendiri Malang mulai ramai diminati dan ini kota family, jadi untuk pulang bawa oleh-oleh itu perlu ada diberikan opsi-opsi oleh-oleh yang berkualitas,” ujar Bachsin saat perkenalan makanan itu 15 Maret lalu.

Bolu Bakpao Telo diproduksi menggunakan bahan dasar ubi ungu yang kaya vitamin dan tinggi serat.

Ubi ungu juga merupakan sumber beta karoten yang baik, serta mengandung lebih banyak pigmen antosianin yang memberikannya warna ungu.

Zat ini adalah antioksidan kuat yang mampu mengurangi inflamasi dan meningkatkan imun tubuh. Bahkan ubi ungu mengandung antosianin 3 kali lebih banyak daripada bluberi.

Selain itu, di dalam 100 gram ubi ungu yang sudah dimasak terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 87 kalori
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 20 gram
  • Serat: 3,3 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Tembaga: 21 persen dari kebutuhan harian
  • Potasium: 8 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 18 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 14 persen dari kebutuhan harian
  • Mineral lainnya seperti mangan, tembaga, dan zat besi.

Fakta mengejutkannya adalah ubi ungu mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Selain itu, ubi ungu kaya serat dan rendah natrium.

General Manager Bolu Malang Singosari, Istiana Yudha Pratama mengungkapkan “Kami punya komitmen untuk terus berinovasi dalam produk kuliner bolu yang menjadi wajah dari daerah tersebut. Kami akan berusaha memberikan penganan atau oleh-oleh khas dari kota Malang.”

Bolu Bakpao Telo ini bisa dibawa keluar kota dengan tahan lama bisa sampai 7 hari di suhu ruang dan tahan sampai 9 harian jika disimpan di lemari pendingin.

Makanan ini bisa didapatkan secara mudah di outlet-outlet Bolu Malang Singosari yang tersebar di Kota Malang, serta di e-commerce Shopee serta Tokopedia dengan harga yang dibanderol Rp 35.000 per kotaknya.

Sedangkan varian yang tersedia terdiri dari Bolu Telo Ungu, Bolu Cokelat, Bolu Susu, Bolu Apel Malang, Bolu Stroberi, Bolu Pandan Ketan, Bolu Blackforest, Bolu Dawet Durian, Bolu Telo Ungu, Bolu Bakpao Telo Original, dan Bolu Bakpao Telo Cokelat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!