Travel  

Kemenparekraf Gelar Kharisma Event Nusantara 2023, Ini Acaranya

wartabeta.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan rencana peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang akan digelar pada Sabtu (28/1/2023) mendatang.

KEN 2023 akan dimeriahkan dengan 110 kegiatan (event) dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya, serta pameran produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

“Kemenparekraf ( Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ) akan meluncurkan 110 event terpilih di teater IMAX Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah dengan tajuk ‘ Kharisma Event Nusantara Festival’,” kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Selasa (24/1/2023).

Ia mengatakan bahwa KEN kali ini merangkum 110 event unggulan yang merupakan hasil kurasi dari hampir 300 event yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi.

Lebih lanjut, kata dia, akan ada 10 event terbaik dari 34 provinsi di Indonesia dalam KEN 2023.

“Ada top 10 dari 34 provinsi, dikemasnya dalam bentuk festival dan showcasing (menampilkan) kekayaan budaya, dan juga event Nusantara,” tuturnya.

Ia menambahkan, hal ini juga bertujuan untuk mempromosikan KEN ke dalam lingkup Bangga Berwisata di Indonesia.

Melalui proses kurasi

Dalam KEN tahun ini, Menparekraf memaparkan bahwa akan ada enam area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event, hingga pameran produk UMM.

“Ada enam area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event sampai juga pameran produk UMKM, boga, kriya dan wastra. Boga in sering disebut kuliner, tapi akhir-akhir ini banyak yang menyebut boga,” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa proses kurasi sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu, tepatnya pada November hingga Desember 2022. Proses ini dilakukan dengan melibatkan delapan ahli di bidangnya masing-masing.

“Saya berharap kita dapat meningkatkan kualitas dari event-nya menjadi daya tarik wisata di daerah, membuka peluang usaha, dan menggeliatkan ekonomi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kharisma Event Nusantara (KEN) merupakan suatu strategi kolaborasi Kemenparekraf, Pemerintah Daerah, serta stakeholder (pemangku kepentingan).

Tujuannya adalah menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dikutip dari Antara, Selasa (24/1/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!