Travel  

Kedai Kopi Kuno di Jakarta Barat: Jam Buka, Lokasi, dan Rute

wartabeta.com – Tempat nongkrong murah berkonsep retro alias zaman dahulu bisa ditemukan di Kedai Kopi Kuno , Jakarta Barat.

Sang pemilik, Agung HB, mengatakan bahwa kedai ini berawal dari hobi mengoleksi game konsol. Tempat ini, kata dia, bisa untuk bernostalgia anak-anak kelahiran 1980-1990-an yang dulu mengalami masa tersebut.

“Misalnya mau nostalgia main game masa kecil, target kita anak-anak (tahun) 90-an,” ujar Agung HB, saat ditemui Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Sementara itu, kata dia, untuk generasi kelahiran tahun 2000-an yang kemungkinan besar tidak terlalu mengenal gim konsol, biasanya mengunjungi kafe ini untuk foto atau membuat konten.

Adapun beberapa koleksi yang bisa ditemukan di Kedai Kopi Kuno, antara lain mesin Dingdon Arcade, PlayStation, kaset lawas, televisi analog, radio, dan piringan hitam.

Jika ingin berkunjung ke Kedai Kopi Kuno, simak beberapa informasi berikut.

Jam buka Kedai Kopi Kuno

Menurut Instagram Kedai Kopi Kuno, jam operasional kedai ini adalah setiap hari mulai pukul 18.15 WIB hingga pagi.

Namun, sebenarnya kata Agung, jam buka kedai bisa lebih fleksibel. Artinya bisa lebih cepat, misalnya buka pukul 17.00 WIB, jika ada pengunjung yang mengabarkan atau reservasi melalui Instagram.

“Jam buka di Instagram 18.15 WIB, cuma kadang-kadang misalkan ada yang ngomong, ‘Kak gua mau ke situ agak sorean nih pulang kuliah’, saya bukain dan itu akhirnya kebuka, jadi udah buka buat umum juga,” jelasnya.

Adapun untuk waktu tutupnya, kata Agung, Kedai Kopi Kuno biasanya beroperasi hingga pagi pukul 04.00 WIB.

“Untuk close order (batas akhir pemesanan) pukul 01.00 WIB, tapi pengunjung bisa di sini sampai pagi banget, karena ada saya yang jagain,” tutur dia.

Lokasi dan rute Kedai Kopi Kuno

Kedai Kopi Kuno berlokasi di Latumenten VI Gg. 2 Nomor 9, RT 9/RW 5, Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Untuk menuju ke tempat ini, cara termudah adalah menaiki kereta KRL Commuterline atau bus trans-jakarta.

“Akses paling gampangnya itu Stasiun Grogol, terus ada halte Transjakarta juga deket banget,” kata Agung.

Bila naik KRL, kamu bisa berhenti di Stasiun Grogol, lalu berjalan kaki menyusuri gang sekitar 350 meter.

Jika naik bus trans-jakarta, bisa menaiki bus nomor 9 (Pinang Ranti-Pluit) lalu berhenti di Halte Latumenten St. Grogol. Selanjutnya, bisa berjalan kaki menyusuri gang sekitar 350 meter.

Dari Halte Latumenten St. Grogol, kamu tinggal turun dari tangga, jalan lurus dari Jalan Profesor Doktor Latumenten ke dekat rel kereta api. Belok kanan ke Jalan Latumenten II Gang I, yang ada plang “Puskesmas”.

Kemudian belok kanan lagi menuju Jalan Latumenten II Gang II. Selanjutnya, belok kiri ke Jalan Latumenten II, dan kamu akan menemukan Kedai Kopi Kuno di sebelah kanan.

Terdapat papan lingkaran tergantung di pintu masuk garasi, bertuliskan “Kedai Kopi Kuno”.

“Pakai (Google) Maps akurat sih. Karena untuk akses gang ini 24 jam enggak ada portal,” kata Agung.

Ia menambahkan, bagi yang membawa kendaraan pribadi, biasanya lebih mudah jika masuk melalui SPBU Shell “Empang Bahagia”.

“Lewatnya lebih gampang banget tinggal lurus, kan masuk SPBU Shell, mentok belok kiri sudah ikutin jalan, sampai deh,” pungkasnya.

Jika tidak yakin, kamu bisa bertanya alamat dan lokasi persis Kedai Kopi Kuno pada penduduk perumahan di sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!