Kapolri Dampingi Yudo Margono Jalani “Fit And Proper Test” Calon Panglima

wartabeta.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono tiba di Gedung DPR untuk mengikuti fit and proper test calon Panglima TNI, Jumat (2/12/2022) pukul 13.10 WIB.

Yudo tak hanya didampingi oleh petinggi matra TNI lainnya. Ia juga didampingi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pantauan Kompas.com, Sigit tampak memberikan semangat terhadap Yudo sebelum menjalani fit and proper test.

Kapolri berjalan bersama Yudo dan tampak mengacungkan jempol.

“Pokoknya, beliau pasti lancar,” kata Kapolri sembari mengacungkan jempol ke hadapan awak media, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat.

Setelah itu, Kapolri, Yudo dan beberapa petinggi TNI serta Polri berjalan menuju ruangan Komisi I DPR.

Adapun petinggi TNI yang turut mendampingi Yudo adalah Kepal Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Menurut jadwal, fit and proper test itu dijadwalkan dimulai pada pukul 13.30 WIB.

Diberitakan sebelumnya, KSAL Yudo Margono menjadi calon tunggal panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Nama Yudo Margono diumumkan langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani setelah menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Puan Maharani meyakini bahwa Presiden mempunyai banyak pertimbangan dalam menunjuk Yudo Margono untuk memegang tongkat komando Panglima TNI. Salah satunya ihwal nasionalisme yang ada pada diri abituren Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 itu.

“Tentu saja banyak hal yang menjadi pertimbangan kinerja, kemudian nasionalisme, rasa cinta Tanah Air, dan lain sebagainya, dan itu saya rasa sudah memenuhi syarat yang ada,” ujar Puan di Gedung DPR, Senin sore.

error: Content is protected !!