Kabar Pasar Kue Subuh Senen Mau Tutup Bikin Kaget, Ternyata…

wartabeta.com – Kabar tutupnya pasar kue subuh di Senen, Jakarta Pusat sempat bikin kaget. Pusat Grosir Senen Jaya mengumumkan akan menutup sentra kue subuh di Grosir Senen Jaya Blok 5 awal Februari 2023.

Hal ini diumumkan lewat akun Instagram resmi @senenjayaofficial. Dalam pengumuman tersebut disebutkan sentra kue subuh di Senen Jaya Blok 5 akan tutup setelah 6 tahun menjadi salah satu pusat belanja kue dan jajanan tradisional di Jakarta Pusat.

“Terima kasih! Sudah menjadi bagian dari kue subuh Senen Jaya Blok 5. Setelah 6 tahun menjadi pusat kue dan jajanan tradisional, dengan berat hati kami mengumumkan bahwa Kue Subuh Senen Jaya 5 akan tutup,” tulis [email protected] dikutip, Rabu (11/1/2023) lalu.

Pasar Kue Subuh Senen telah menawarkan aneka jajanan pasar dan kue sejak 1988 atau sekitar 35 tahun. Namun, Pasar Kue Subuh Senen ini menempati Blok 5 sejak tahun 2017.

Selama sekitar enam tahun lamanya ratusan pedagang sibuk menawarkan kue dan jajanan pasar. Pasar kue subuh ini terkenal karena sangat beragam jenisnya dan harganya terjangkau.

Namun ternyata, pasar ini bukan ditutup permanen, melainkan direlokasi ke gedung baru.

Pasar legendaris ini sudah menempati lokasi tersebut sejak tahun 2017, setelah peristiwa kebakaran yang melanda lokasi pasar sebelumnya. Blok ini merupakan area semi outdoor non permanen yang beratapkan kanopi dan terpal di beberapa titiknya.

Salah seorang pedagang kue basah, Hiraki mengatakan, dirinya merasa tidak keberatan dengan rencana relokasi ini. Apalagi, ia mendengar kalau kondisi dan fasilitas di sana akan lebih nyaman.

“Belum lihat juga sih, tapi katanya tempatnya lebih nyaman aja,” kata Hiraki, saat ditemui, di Pasar Kue Subuh,Senen, Jakarta Pusat, Rabu (11/01/2023).

Hiraki mengatakan, pasar ini sudah berpindah beberapa kali. Salah satu alasan kepindahannya ialah karena tragedi kebakaran. Lokasi yang akan ditempati para pedagang per 10 Februari ini merupakan gedung yang sebelumnya terbakar tersebut.

“Ini sebelumnya penampungan. Di sana kan dulu kebakaran, itu kan nggak mungkin ditempatin. Jadi kita dipindah sementara di sini, di tampung. Di sana dibangun sama Pemda. Abis jadi ya otomatis kita pindah lagi,” ujar Hiraki.

error: Content is protected !!