Jadwal Rilis Android 12 Untuk Smartphone ASUS Mulai Akhir Tahun

wartabeta.com – ASUS telah mengungkapkan rencana peluncuran sistem operasi Android 12 untuk seri smartphone ZenFone dan ROG-nya. Versi stabil Android 12 akan mulai diluncurkan akhir tahun ini, dimulai dengan jajaran ZenFone 8. Sementara itu, ponsel seperti ROG Phone 5 akan menerima pembaruan pada kuartal pertama tahun 2022.

Selain perubahan terkait Android 12, ASUS juga mengatakan bahwa pembaruan ini akan membawa peningkatan kinerja dan ketahanan baterai yang lebih baik. Diharapkan, pembaruan juga membawa overlay UI kustom ASUS yang dikenal sebagai ZenUI 8.0.

“Pembaruan ini mewarisi perubahan fungsional utama yang diperkenalkan pada versi resmi Android 12, serta melanjutkan fitur manajemen baterai dan kinerja ASUS yang populer. Untuk model Zenfone, ini juga mencakup perubahan khusus ZenUI yang memungkinkan navigasi lebih mudah, panel kontrol yang disederhanakan, peningkatan visibilitas untuk kontrol yang lebih baik, dan lebih banyak opsi penyesuaian,” kata ASUS dalam keterangan rilisnya.

ZenFone 7 dan ROG Phone 3 hanya akan mendapatkan pembaruan pada pertengahan 2022.

ASUS mengatakan ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip akan mendapatkan pembaruan mulai Desember 2021. ROG Phone 5 dan ROG Phone 5S akan mendapatkan Android 12 pada kuartal pertama tahun 2022. Terakhir, ZenFone 7 dan ROG Phone 3 akan mendapatkan pembaruan yang didambakan sekitar paruh pertama tahun 2022.

ASUS memulai program Android 12 beta awal bulan ini. Praktis siapapun dengan ZenFone 8 dapat mendaftar untuk program tersebut. Perusahaan sebenarnya telah menghentikan pendaftaran untuk Android 12 beta pada 13 Oktober, meskipun sampai sekarang masih tersedia untuk diunduh di situs web ASUS.

Android 12 membawa beragam perubahan pada perangkat lunak. Jadi, ada banyak hal yang menarik bagi pelanggan flagship ASUS yang disebutkan di atas. Salah satu fitur baru yang menonjol dari versi Android terbaru adalah prinsip desain ‘Material You”.

Material You terlihat di seluruh sistem dan juga melibatkan membawa “pendekatan humanistik untuk desain”, seperti yang dikatakan Matias Duarte di Google I/O tahun ini. Perpanjangan dari bahasa desain ini adalah tema yang dipersonalisasi, juga dikenal sebagai warna dinamis. Ini secara otomatis menyesuaikan tema sistem dengan warna wallpaper anda untuk UI yang lebih konsisten.

Android 12 juga menghadirkan indikator baru untuk memperingatkan pengguna setiap kali aplikasi atau ponsel mereka mengakses kamera atau mikrofon. Indikator hijau atau oranye yang menonjol akan terlihat di sudut kanan atas layar pengguna. Juga akan ada Dasbor Privasi baru yang akan menampilkan izin aplikasi bersama dengan detail relevan lainnya.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.