Itel P40 Meluncur, HP Android Go Baterai Tahan 15 Hari

wartabeta.com – Itel Mobile, anak perusahaan Transsion Holdings yang juga menaungi smartphone Tecno, meluncurkan ponsel entry-level (kelas bawah) terbarunya yang bernama Itel P40 .

Perusahaan menyebut bahwa ponsel tersebut berfokus pada konsumen yang gemar bermain game. Selain itu, Itel P40 juga mengunggulkan kapasitas baterai jumbo 6.000 mAH dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 18 watt.

Dalam situs resmi Itel, perusahaan menyebut bahwa baterai perangkat dapat bertahan setidaknya selama 15 hari dengan kondisi ultra-long standby atau melakukan panggilan selama 32 jam nonstop.

Di atas kertas, Itel P40 mengusung layar berpanel IPS LCD seluas 6,6 inci yang memiliki resolusi HD Plus (1.612 x 720 piksel) dan refresh rate 120 Hz. Layar perangkat dihiasi poni menyerupai tetesan air (waterdrop) untuk menampung kamera depan beresolusi 5 MP.

Sementara tu, kamera belakang yang dimiliki ada dua sensor, yakni kamera utama 13 MP dan sensor kedalaman (depth sensor) VGA. Kedua kamera diposisikan secara verikal dan dibenamkan ke dalam modul yang memanjang secara horizontal.

Untuk menunjang performanya, Itel P40 mengandalkan chipset Unisoc SC9863A. Chipset tersebut terdiri dari delapan inti dari Cortex-A55 dengan kecepatan clock 1,6GHz. Pengolah grafis yang digunakan adalah PowerVR GE8322 dengan clockspeed 550Mhz.

Kendati begitu, varian RAM yang dimiliki tidak diumbar. Perusahaan hanya menyebut varian memori Itel P40 terdiri dari 64+7GB, 32+6GB, dan 64+4GB. Kemungkinan besar storage yang dihadirkan hanya terdiri dari 32 GB dan 64 GB saja.

Sementara itu, penambahan angka di belakang merujuk pada varian RAM perangkat yang sudah ditambah oleh fitur Virtual RAM. Merujuk pada blog resminya, Itel menjelaskan bahwa spesifikasi RAM ponsel sudah ditambah menggunakan fitur Memory Fushion Technology.

Bila dirasa kurang, perluasan media penyimpanan bisa dilakukan hingga 512GB melalui slot microSD yang tersedia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (18/3/2023).

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 12 Go Edition. Android Go merupakan sistem operasi yang dirancang untuk ponsel murah di segmen entry-level. Cocok untuk perangkat berspesifikasi rendah atau spek yang “pas-pasan”.

Fitur pendukung lainnya mencakup sistem keamanan perangkat yang menggunakan pemindai wajah (face unlock) dan pemindai sidik jari (fingerprint) yang terletak di punggung perangkat.

Banderol harga dari Itel P40 sekitar 7.699 rupee atau setara dengan Rp 1.43 juta (estimasi kurs hari ini Rp 186,29). Varian warna yang dihadirkan adalah Force Black, Dreamy Blue, dan Luxurious Gold. Pembelian perangkat sudah bisa dilakukan melalui situs resmi perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!