Ini Daftar 10 HP Xiaomi Pertama yang Kebagian MIUI 14

wartabeta.com – Xiaomi memperkenalkan antarmuka terbarunya, MIUI 14, pada 2022 lalu. Tampilan tersebut membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan, mulai dari aspek desain, perfoma, hingga fitur-fitur baru.

Walaupun sudah diluncurkan tahun lalu, pembaruan antarmuka ini baru akan digulirkan secara bertahap mulai Januari 2023 ini.

Tahap pertama bakal dimulai pada Januari untuk seluruh pengguna di China, tahap kedua dimulai pada April 2023, dan seterusnya.

Dari segi tampilan, MIUI 14 sendiri punya desain yang lebih minimalis dibandingkan MIUI 13. Tampilan ikon yang bakal lebih besar, pengguna juga diberikan kontrol untuk melakukan penyesuaian.

Lalu, tampilan antarmuka kali ini juga mengusung format widget baru dan folder di layar utama yang ditingkatkan.

Mirip iOS, MIUI 14 memiliki widget hewan peliharaan atau tanaman. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memelihara dan bermain dengan hewan/tanaman virtual di layar utama.

Nah, berikut adalah daftar perangkat Xiaomi yang akan kebagian MIUI 14 di Januari 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Rabu (11/1/2023)

10 HP Xiaomi yang kebagian MIUI 14

  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12
  • Xiaomi 12 T
  • Xiaomi 12 Lite
  • Xiaomi 11 Lite 5G NE
  • Xiaomi 11 Lite 5G
  • Redmi Note 11 Pro Plus 5G
  • Poco F4 GT
  • Poco F4
  • Poco F3

Secara teknis MIUI 14 juga dirancang agar bisa menunjang aplikasi yang ringan. Hal ini memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang lebih mulus dan lebih hemat daya.

Selain itu, Xiaomi juga memangkas kapasitas sistem yang biasanya mengonsumsi banyak memori.

Selain dari kapasitasnya yang dipangkas, tingkat kelancaran aplikasi sistem di MIUI 14 juga diklaim sudah ditingkatkan hingga 60 persen. Kemudian, di MIUI 14 hanya ada delapan aplikasi yang tidak bisa dihapus oleh pengguna.

6 fitur baru di MIUI 14

1. Manajemen notifikasi

MIUI 4 hadir dengan opsi manajemen notifikasi baru. Pengguna dapat menghapus daftar notifikasi hanya dengan satu kali swipe. Nantinya, notifikasi aplikasi yang baru dipasang harus mendapat pesertujuan pengguna dulu agar bisa tampil di daftar notifikasi.

2. Mengambil teks dari gambar

Antarmuka terbaru ini juga dilengkapi fitur yang mengandalkan kecerdasan buatan, sehingga dapat mengambil teks dari gambar. Pengguna dapat tap and hold (ketuk dan tahan) teks pada gambar yang tersimpan di galeri, untuk memunculkan teks trersebut.

Teks dari gambar tersediia dalam delapan bahasa yang berbeda. Pengguna yang melakukan panggilan video saat konferensi online juga dapat mengaktifkan fitur live teks (subtitle).

3. Kemampuan asisten Mi AI 6.0

Asisten suara Mi AI di MIUI 14 memungkinkan penggunanya memanfaatkan asisten suara untuk menjalankan perintah.

Perintah yang dimaksud seperti pindai dokumen, menerjemahkan sebuah tulisan, memfilter panggilan telepon spam, hingga memberikan sejumlah notifikasi pengingat.

4. Integrasi dengan perangkat lain

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung/terkoneksi dengan sejumlah produk dengan lebih seamless, alias mulus. Xiaomi sendiri mengklaim ada lebih dari satu miliar perangkat yang dapat terkoneksi ke smartphone bikinannya.

5. Xiaomi Magic Center

Xiaomi Magic Center merupakan fitur untuk mengelola produk ekosistem Xiaomi yang digunakan penggunanya. Jadi, platform tersebut memiliki panel yang ditingkatkan, khususnya saat menghubungkan aneka produk ke smartphone Xiaomi.

6. Family Service

Fitur Family Service ini memungkinkan pengguna membuat grup yang terdiri dari delapan anggota. Pengguna yang menciptakan grup dapat mengatur kendali atau izin akses kepada masing-masing anggota.

Antarpengguna nantinya bisa saling berbagi album foto, melihat foto, hingga mengunggah foto baru ke album tersebut. Family Service juga dapat digunakan untuk berbagi data kesehatan, seperti hasil saturasi oksigen dalam darah, pelacakan tidur, hingga detak jantung.

Bagi para orangtua, mereka dimungkinkan untuk mengatur durasi screen time anak, membatasi penggunaan aplikasi, dan pembatasan-pembatasan lainnya.

Fitur lain yang juga dihadirkan adalah jalan pintas untuk melakukan pembayaran,hingga konektivitas Wi-Fi yang ditingkatkan. Hanya saja, pengguna tidak dapat mengghapus delapan aplikasi yang sudah di-install otomatis di MIUI 14.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!