Tak Berkategori  

Indonesia kembali calonkan diri jadi anggota DK PBB

wartabeta.com – Pemerintah Indonesia akan kembali mencalonkan diri untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk periode tahun 2029-2030.

Langkah tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudisaat ia menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menlu yang digelar di Jakarta, Rabu.

“Berbekal peran, keaktifan, kontribusi Indonesia untuk dunia, maka Indonesia telah memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2029-2030,”kataMenlu.

Berbagai kontribusi untuk dunia yang disebut oleh Menlu tersebutmencakup sejumlah upaya yang telah dilakukan sepanjang tahun 2022.

Ia mengatakan bahwa menjalankan diplomasi perdamaian dan kemanusiaan secara aktif telah dan akan terus menjadi prioritas bagi Indonesia.

Salah satunya adalah konsistensi Indonesia dalam membantu perjuangan kemerdekaan Palestina, serta Indonesia yang berkomitmen untuk terus membantu rakyat Afghanistan, terutama kaum perempuan, dalam memperoleh akses bagi pendidikan, ujarnya.

Indonesia juga memberikan dukungan bagi pelaksanaan intra-Afghan Dialogue dan kerja sama antarulama, termasuk melalui Dialog Ulama Trilateral Indonesia-Qatar-Afghanistan, yang akan terus dilanjutkan.

Indonesia, kata Retno, juga akan mendorong Organisasi Kerja Islam (OKI) untuk lebih aktif dalam menyelesaikan isu Palestina dan Afghanistan.

Penyelesaian isu Ukraina dan Rusia juga akan terus didorong oleh Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, sementara itu, mengatakan belum ada isu tertentu yang ditetapkan sebagai fokus Indonesia jika nanti terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB.

“Dinamis sekali isunya, yang penting sekarang memenangkan dulu,” ujarnya.

Presidensi Indonesia di DK PBB tuai apresiasi

error: Content is protected !!