Hasil F1 GP Meksiko : Verstappen Finsih Tercepat, Catatakan Rekor Kemenangan Terbanyak

Wartabeta.com – Berikut ini hasil F1 GP Meksiko yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodriguez pada Minggu 30 Oktober 2022 sore waktu setempat.

Balapan tersebut berakhir dengan kemenangan Max Verstappen dari tim Oracle Red Bull Racing di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Berkat kemenangan ini Max Verstappen berhasil mencatatkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim sebanyak 14 kali di GP Meksiko ini.

Jawara F1 2021 dan 2022 itu berhasil mengalahkan catatan rekor milik Sebastian Vettel dan Michael Schumacher yang masing-masing berhasil mencatatakan kemenangan sebanyak 13 kali.

Red Bull menggunakan strategi penggunaan ban soft dan medium pada kedua ridernya yakni Verstappen dan Perez untuk menandingi tim Mercedes yang menggunakan ban medium-hard.

Alhasil Hamilton dari Mercedes yang menggunakan ban lebih keras waktu lapnya menurun dibanding Verstappen yang langsung melaju dengan kecepatan superior.

Russell yang sama-sama dari Mercedes juga berupaya untuk kembali ke posisi awal namun karena menggunakan ban keras kesulitan untuk menyamai kecepatan Perez.

Sedangkan di posisi kelima ada Carrlos Sinz yang tampak kesulitan melaju mendahului mobil dari Mercedes dan Red Bull.

Di bawahnya ada Charles Leclers yang mampu bermanufer brilian dan menyalip Valtteri Bottas sejak awal balapan meskipun hanya finish di posisi keenam.

Verstappen langsung melaju kencang dan mendahului dua pembalap Mercredes dimana Russell kehilangan posisinya saat melebar di tikungan 4.

Sedangkan saat Verstappen memimpin, duo pembalap Mercedes tampak stabil dalam memperthankan posisinya menggunakan ban medium.

Sedangkan beberapa lap kemudian, Verstappen melakukan pit stop untuk mengganti ban agar lebih maju di depan para pembalap  Ferrari.

Di lain sisi, ada Fernando Alonso yang memilih bertahan lebih lama sebelum akhirnya beralih ke ban keras untuk mengahadapi paruh akhir balapan.

Namun strategi itu membuat Alonso harus menepi dari balapan karena masalah pada unit daya pada enam lap tersisa sehingga gagal melanjutkan balapan.

Selain Fernando Alonso pembalap lain yang gagal finish di F1 GP Meksiko ini pembalap asal Jepang, Yuki Tsunoda dari tim AlphaTauri. 

Saat itu Ricciardo yang baru muncul dari pit langsung berduel dengan Yuki Tsunoda namun memasuki tikungan 5 sebuah manuver berujung pada kontak ringan yang membuat modil Tsunoda melayang ke udara. 

Tabrakan itu membuat mobil yang ditunggangi Yuki Tsunoda mengalami rusak yang cukup parah sehingga ia harus menepi dari balapan. 

Insiden itu membuat Ricciardo mendapatkan penalti waktu selama 10 detik namun pembalap dari McLarren itu berhasil finish di posisi ketujuh. 

Hasil lengkap F1 GP Meksiko 2022

  1. Max Verstappen – Oracle Red Bull Racing
  2. Lewis Hamilton – Mercedes AMG Petronas
  3. Sergio Perez – Oracle Red Bull Racing
  4. George Russell – Mercedes AMG Petronas
  5. Carlos Sainz jr – Scuderia Ferrari
  6. Charles Leclerc – Scuderia Ferrari
  7. Daniel Ricciardo – McLaren F1 Team
  8. Esteban Ocon – BWT Alpine F1 Team
  9. Lando Norris – McLaren F1 Team
  10. Valtteri Bottas – Alfa Romeo Racing Orlen
  11. Pierre Gasly – Scuderia AlphaTauri
  12. Alexander Albon – Williams Racing
  13. Zhou Guanyu – Alfa Romeo Racing Orlen
  14. Sebastian Vettel – Aston Martin Aramco Cognizant
  15. Lance Stroll – Aston Martin Aramco Cognizant
  16. Mick Schumacher – Haas F1 Team
  17. Kevin Magnussen – Haas F1 Team
  18. Nicholas Latifi – Williams Racing

Gagal finis:

  • Fernando Alonso – BWT Alpine F1 Team
  • Yuki Tsunoda – Scuderia AlphaTauri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *