Hangtuah rebut kemenangan dari Bali United di pengujung laga

wartabeta.com – RJ Amartha Hangtuah Jakarta membuka musim mereka di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2023 dengan merebut kemenangan 75-71 dari Bali United lewat performa apik di pengujung laga yang berlangsung di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Sabtu.

Tuan rumah sebetulnya memimpin dalam tiga kuarter pertama, tapi rentetan sembilan poin tanpa balas yang ditutup tripoin pemain asing Emmanuel Malou membuat Hangtuah berbalik merebut keunggulan 68-66 saat pertandingan hanya menyisakan waktu tiga menit 44 detik.

Tim besutan pelatih asal Inggris Anthony Garbelotto berusaha menghentikan momentum Hangtuah dan berhasil merebut keunggulan lagi 71-70 di sisa waktu satu menit 43 detik setelah Abraham Wenas dan Dior Lowhorn masing-masing bergantian memanfaatkan satu dari dua kesempatan lemparan gratis.

Namun Hangtuah kembali memimpin 72-71 sekira 23 detik berselang lewat layup Stefan Carsera setelah ia menerobos pertahanan Bali United. Tuan rumah gagal mencetak poin tambahan dan satu lemparan gratis dari Kelly Purwanto serta dua milik Diftha Pratama praktis mengunci kemenangan 75-71 bagi Hangtuah.

Kemampuan memanfaatkan 80 persen kesempatan lemparan gratis menjadi pembeda bagi anak-anak asuh AF Rinaldo, dibandingkan Bali United yang hanya mengkonversi 53 persen situasi serupa.

Hangtuah juga mengungguli Bali United dalam urusan konversi tembakan terbuka berupa 39 persen berbanding 33 persen, dua poin (48 persen:46 persen), serta tripoin (26 persen:18 persen). Satu-satunya departemen yang dimiliki Bali United hanya rebound, yakni 52 berbanding 39 yang diperoleh Hangtuah.

Malou jadi kontributor utama kemenangan Hangtuah lewat raihan 23 poin, diikuti Joe-Junior Mvuezolo yang mencetak 16 poin, sementara Diftha menyetor 10 poin.

Bagi Bali United, Lowhorn dan pemain asing lainnya Julius Bowie masing-masing mencetak 14 poin, begitu juga dengan Abraham. Sedangkan Lutfi Eka Koswara menyumbang 11 poin, meski Bali United harus menelan pil pahit kala membuka musim di hadapan pendukungnya sendiri yang memadati tribun GOR Merpati.

Atmosfer yang diciptakan suporter Bali United tak luput dari perhatian Malou, yang tampil gemilang dalam debutnya bersama Hangtuah.

“Pertandingannya cukup sengit, tetapi sangat meriah. Crazy crowds right now,” kata Malou selepas pertandingan.

Meski jadi penyumbang angka terbanyak, Malou justru melontarkan pujian kepada Kelly yang dinilainya punya andil besar dalam kemenangan Hangtuah kali ini.

“Kelly adalah salah satu point guard terbaik yang saya kenal. Saya mendengar banyak tentang dia, dan dia membantu kami menang hari ini,” ujar Malou.

Hangtuah masih akan menghadapi West Bandits Solo pada 16 Januari, kemudian Dewa United Banten pada 18 Januari, dan RANS PIK Basketball pada 21 Januari.

Sementara itu, Bali United masih akan menjamu Indonesia Patriots pada 16 Januari, Mountain Gold Timika pada 18 Januari, dan Evos Thunder Bogor pada 21 Januari.

error: Content is protected !!