Gianluca Vialli Didiagnosis Kanker Pankreas Semasa Hidup, Simak Penyebab dan Gejala-Gejalanya Sejak Dini

wartabeta.com – Duka mendalam tengah menyelimuti dunia sepak bola atas meninggalnya Gianluca Vialli (58) pada Jumat, 6 Januari 2023.

Diketahui bahwa mantan pemain sepak bola asal Italia itu didiagnosis mengalami kanker pankreas pada 2017.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Healthline, berikut penjelasan mengenai kanker pankreas yang dialami oleh Gianluca Vialli .

Kanker pankreas terjadi di dalam jaringan pankreas yang merupakan organ endokrin vital yang terletak di belakang lambung.

Diketahui, pankreas memiliki peranan penting dalam pencernaan dengan memproduksi enzim yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna lemak, karbohidrat, dan protein.

Pankreas juga menghasilkan dua hormon penting yakni glukagon dan insulin, ketika hormon-hormon ini bertanggung jawab dalam mengendalikan metabolisme glukosa.

Ada dua jenis utama kanker pankreas , berdasarkan jenis sel tempat mereka memulai, yaitu adenokarsinoma pankreas dan tumor neuroendokrin pankreas.

Adenokarsinoma pankreas adalah jenis kanker pankreas yang paling umum. Ini dimulai dalam sel eksokrin, yang menghasilkan enzim yang membantu pencernaan.

Sementara itu, tumor neuroendokrin pankreas merupakan jenis kanker pankreas yang lebih jarang. Kanker ini bermula pada sel-sel endokrin, yang melepaskan hormon yang memengaruhi segalanya mulai dari suasana hati hingga metabolisme.

Biasanya kanker pankreas tidak menimbulkan gejala hingga mencapai stadium lanjut sehingga tidak ada tanda-tanda awal yang terdeteksi. Bahkan saat dalam stadium lanjut seringkali tidak memperlihatkan gejala – gejala .

Berikut beberapa gejala yang biasanya terjadi saat kanker pankreas berkembang, seperti kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan secara drastis, sakit perut yang menjalar hingga ke punggung, nyeri punggung bagian bawah.

Kemudian, depresi, urine berwarna gelap atau cokelat, tinja berwarna terang atau berminyak, gatal pada kulit, mual, muntah, dan terjadi penggumpalan darah yang menyebabkan kemerahan, rasa nyeri hingga pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki.

Kanker pankreas juga dapat mempengaruhi gula darah, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Untuk penyebab dari kanker pankreas hingga saat ini masih belum diketahui. Namun, kanker pankreas terjadi ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh di dalam pankreas dan membentuk tumor.***

error: Content is protected !!