Gempa Magnitudo 6,3 Mengguncang Gorontalo, Warga Dibuat Panik hingga Rasakan Pusing Usai Guncangan

wartabeta.com – Gempa terkini pada Rabu, 18 Januari 2023 yang mengguncang wilayah Gorontalo masih membuat warga syok hingga panik. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut berkekuatan magnitude 6,3.

Masyarakat dibuat pusing dengan gempa di Gorontalo yang berlangsung selama beberapa menit tersebut. Tak sedikit yang merasa pusing akibat guncangan yang cukup besar tersebut.

Adapun gempa di Gorontalo terjadi sekira pukul 07.34 WIB. Dari informasi BMKG, koordinat gempa berada di 0,07 Lintang Selatan dan 123,28 Bujur Timur di kedalaman 138 km.

“Saya merasa pusing karena goyangannya beda dengan gempa – gempa biasanya, apalagi cukup lama,” ujar Neny Nasution, warga Gorontalo , dikutip dari Antara.

Tak hanya Neny, warga Gorontalo lain juga merasakan hal yang sama yakni kepanikan dan ketakutan. Warga yang merasakan guncangan langsung menyelamatkan diri dan keluar dari rumah mereka.

“Biasanya kalau gempa ada getaran, tapi kali ini terasa diayun-ayun dan membuat saya pusing,” ujar Oci, warga Gorontalo lainnya.

Usai terjadinya gempa , BMKG mengumumkan bahwa tidak ada potensi tsunami. Selain itu, lokasi gempa berada di Minahasa, Sulawesi Utara. Adapun lokasi tepatnya berada di sekitar 69 kilometer tenggara Kabupaten Bone Bolango, atau 72 kilometer Tenggara Kota Gorontalo , Provinsi Gorontalo .

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, update guncangan adalah magnitude 6,1 dengan kedalamna 148 kilometer.

“Gempa M6,1 (update) kedalaman 148 km guncang Lengan Utara Sulawesi dan Luwuk dalam skala intensitas IV MMI dipicu deformasi dalam Lempeng Sangihe (interpolate earthquake) di bawah Teluk Tomini,” cuit Daryono di Twitter.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Sedangkan untuk laporan korban juga belum dirilis oleh pihak terkait.***

error: Content is protected !!