Durasi Pelatihan Prakerja Jadi Minimal 15 Jam, Apa Maksudnya?

wartabeta.com – Pemerintah akan menerapkan skema normal dalam program Kartu Prakerja tahun ini, berbeda dari sebelumnya yang berskema semi bantuan sosial (bansos).

Perubahan skema itu pun turut mengubah durasi dan sistem pelatihan.

Pelatihan yang diikuti peserta Kartu Prakerja tahun ini akan berdurasi minimal 15 jam, lebih panjang dibandingkan sebelumnya yang minimal 6 jam.

Di sisi lain, sistem pelatihan berubah menjadi dilakukan secara luring (offline) dan daring (online), maupun campuran (hybrid), berbeda dari tahun lalu yang sepenuhnya daring.

Namun perlu diketahui, durasi yang semakin panjang itu, bukan berarti pelatihan dilakukan selama 15 jam dalam sehari. Melainkan, 15 jam adalah total jumlah jam pelatihan yang diikuti oleh peserta selama periode pelatihan.

“15 jam adalah total jumlah minimal jam pelatihan. Jadi, bukan 15 jam dalam sehari ya,” tulis akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id dikutip Rabu (18/1/2023).

Manajemen Kartu Prakerja menjelaskan, untuk pelatihan yang dilakukan secara offline, durasi maksimal jam pelatihan dalam satu hari pelatihan adalah 8 jam per hari.

Sementara untuk pelatihan yang dilakukan secara online, durasi maksimalnya dalam satu hari pelatihan yakni 3 jam per hari. Pelatihan online ini nantinya akan berbentuk webinar, bukan seperti sebelumnya yang hanya menonton video.

Penetapan minimal durasi pelatihan 15 jam

Dengan ketentuan tersebut, maka dipastikan peserta dapat menyelesaikan pelatihan dengan waktu yang tidak terlalu panjang dan menjaga konsentrasi selama pelatihan. Selain itu, peserta juga tetap bisa menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Adapun penetapan jumlah minimal durasi pelatihan 15 jam dalam satu program pelatihan disebut sudah melalui kajian. Durasi yang lebih panjang ini diyakini memberikan manfaat bagi peserta.

Antara lain, materi yang didapat menjadi lebih lengkap, ilmu yang didapat menjadi lebih banyak, dan pemahaman atas materi menjadi lebih dalam. Selain itu, peserta juga jadi bisa mengikuti lebih banyak pelatihan yang bersifat praktik, serta dapat membangun kebiasaaan dan habit belajar peserta.

“Minimal jumlah jam pelatihan 15 jam adalah waktu yang sangat wajar untuk membantu kamu mendapatkan kompetensi yang praktis, sekaligus berguna untuk meningkatkan produktivitas dan daya saingmu di pasar kerja,” tulis postingan akun Kartu Prakerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!