d’Mentor Malam Ini: Ancang-Ancang Pengusaha, Resesi 2023

wartabeta.com – Bayang-bayang resesi ekonomi global menjadi sinyal badai besar bagi pengusaha. Kondisi yang sulit diprediksi akibat tersendatnya roda ekonomi di berbagai sektor menekan para pengusaha untuk melakukan protokol penyelamatan perusahaan. Muaranya, bisa saja efisiensi yang sering diterjemahkan dengan tindakan berupa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Ujian ekonomi datang bertubi-tubi pasca-pandemi. Mulai dari kenaikan inflasi hingga suku bunga Bank Indonesia (BI) yang meroket hingga 50 basis points hingga ancaman resesi di tahun 2023. Belum lagi, keruhnya situasi pasar akibat perang antara Rusia dengan Ukraina yang tidak kunjung selesai. Sektor pangan, pariwisata hingga retail diprediksi kena dampak yang signifikan. Sementara itu jauh sebelum ancaman datang, Presiden Joko Widodo sudah mengingatkan gambaran ekonomi pada kondisi resesi global.

“Mengenai resesi global, tahun ini sulit dan tahun depan. Sekali lagi saya sampaikan akan gelap. Dan kita tidak tahu badai besarnya seperti apa sekuat apa tidak bisa dikalkulasi,” ujar Jokowi di Jakarta Convention Center, Kamis (29/09).

Pergantian tahun tinggal hitungan bulan, resesi 2023 baru sekedar prediksi atau ancaman. Karena itu Jokowi katakan, di tengah resesi global, rasa optimisme mesti digaungkan.

“Kita semua harus optimis, meskipun lembaga-lembaga Internasional menyampaikan bahwa tahun ini sulit, tahun depan akan gelap. Negara kita harus tetap optimis,” ujar Jokowi dalam acara Trade Expo Indonesia ke-37, Rabu (19/10) lalu.

Lalu bagaimana pengusaha melihat ancaman resesi 2023? Apakah efisiensi menjadi sekoci bagi pengusaha dalam ombang-ambing prediksi resesi? Apakah bahtera sudah disiapkan guna beradaptasi pada tsunami ekonomi?

Melihat sudut pandang para pengusaha dalam menghadapi resesi, d’Mentor kali ini mengangkat topik ‘Ancang-ancang pengusaha, resesi 2023’. Menghadirkan Ketua HIPMI Digital Academy, Anthony Leong, saksikan d’Mentor live di web dan channel Youtube detikcom, Kamis 20 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB. Bagi anda yang ingin ikut ambil bagian dalam diskusi, sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar atau tanyakan langsung melalui link zoom yang tersedia di sepanjang acara.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://wartabeta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wartabeta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *