Tak Berkategori  

China serukan implementasi penuh resolusi DK PBB untuk Suriah

wartabeta.com – Seorang utusan China pada Senin (9/1) menyerukan upaya untuk memastikan implementasi penuh dan efektif dari resolusi Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait pengiriman bantuan lintas perbatasan ke Suriah.

Dewan Keamanan pada Senin mengadopsi Resolusi 2672 guna mengonfirmasi otorisasi ulang mekanisme lintas perbatasan untuk enam bulan ke depan hingga 10 Juli 2023.

China berharap Dewan Keamanan dan badan-badan PBB yang relevan memanfaatkan peluang perpanjangan ini untuk secara komprehensif merangkum pengalaman dan kekurangan dalam implementasi Resolusi 2642 selama enam bulan terakhir.

Hal itu,sebut perwakilan tetap China untuk PBB Zhang Jun, untuk memastikan implementasi penuh dan efektif atas Resolusi 2672 serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam meningkatkan situasi kemanusiaan semua rakyat Suriah, .

Kedaulatan negara Suriah dan eksistensi pemerintah Suriah harus dihormati sepenuhnya, ujar Zhang.

“Bantuan lintas perbatasan merupakan sebuah pengaturan sementara yang dibuat dalam keadaan khusus, dan pada akhirnya harus beralih secara tertib ke bantuan lintas wilayah, sehingga bantuan lintas wilayah akan menjadi saluran utama bagi bantuan kemanusiaan ke Suriah,” ujarnya dalam pemungutan suara di persidangan Dewan Keamanan PBB tersebut.

Untuk tujuan ini, frekuensi dan ukuran konvoi bantuan lintas wilayah di Suriah barat laut harus ditingkatkan secara signifikan, dan bantuan lintas wilayah ke kamp pengungsi Rukban di perbatasan dengan Yordania juga harus dilanjutkan sesegera mungkin, katanya.

Semua pihak harus memastikan pasokan dan pendanaan yang memadai untuk bantuan lintas wilayah serta meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya pihak-pihak yang secara de facto mengendalikan Suriah barat laut, sehingga dapat secara efektif meningkatkan lingkungan akses untuk bantuan lintas wilayah, tambahnya.

Upaya keras harus dilakukan untuk peningkatan kualitas dan efisiensi dalam proyek pemulihan dini, tutur Zhang.

Saat ini, pendanaan keseluruhan untuk proyek pemulihan dini perlu ditingkatkan. Proyek-proyek pemulihan dini di berbagai sektor mengalami kemajuan yang beragam, dan terdapat perbedaan besar dalam pelaksanaan proyek di berbagai wilayah.

China, ujarnya, mendesak segenap donatur untuk mengutamakan kesejahteraan semua warga Suriah dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan segera dan benar.

Pembersihan sisa-sisa bahan peledak dari perang sangat penting untuk memulihkan pekerjaan dan kehidupan normal rakyat Suriah, dan hal tersebut harus dimasukkan ke dalam ruang lingkup pemulihan dini sesegera mungkin, paparnya.

Sanksi sepihak menghambat akses kemanusiaan di Suriah dan membatasi akses negara itu ke sumber daya kemanusiaan, bertentangan dengan upaya kemanusiaan yang dilakukan Dewan Keamanan dan komunitas internasional. “China sekali lagi mendesak negara-negara terkait untuk segera dan sepenuhnya mencabut sanksi sepihak terhadap Suriah,” ungkap Zhang.

error: Content is protected !!