Cara Unggah Instagram 2 Akun Sekaligus dengan Fitur Tag Collaboration

wartabeta.com – Pada Juni 2021, Instagram meluncurkan fitur uji coba kolaborasi . Kemudian resmi dirilis ke masyarakat umum pada Oktober 2021.

Fitur kolaborasi Instagram ini merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa berkolaborasi dalam melakukan unggahan feed dan reels . Fitur ini membuat unggahan yang sama bisa muncul di dua akun yang berbeda.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai fitur terbaru Instagram, berikut KompasTekno akan menjelaskannya untuk Anda.

Apa itu fitur kolaborasi Instagram

Fitur tag kolaborasi tersedia di akun Instagram bisnis maupun pribadi. Maka dari itu fitur ini cocok digunakan bagi pelaku usaha. Hal ini menjadikan fitur ini salah satu alat yang ampuh bagi pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran di media sosial.

Pasalnya, fitur tag kolaborasi Instagram ini memberikan kesan bahwa pengguna benar-benar berinteraksi dengan konten tersebut. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan unggahan muncul dalam dua akun.

Akan tetapi, untuk saat ini penggunaan fitur kolaborasi ini hanya bisa digunakan melakukan unggahan feed dan reels. Itu artinya, pengguna tidak bisa menggunakan fitur kolaborasi Instagram ketika mengunggah story maupun saat live Instagram.

Selain itu, fitur kolaborasi hanya bisa digunakan dengan mengundang satu akun saja. Anda tidak bisa berkolaborasi atau mengundang lebih dari satu akun untuk melakukan unggahan feed maupun reels.

Dengan menggunakan fitur ini, seseorang akan lebih mudah dalam menemukan akun Instagram Anda maupun produk yang sedang dipromosikan.

Mengingat unggahan feed atau reels bisa muncul pada dua akun yang berkolaborasi maka jumlah like dan komentar akan seragam dan sama persis.

Pengguna bisa menemukan akun Instagram Anda maupun produk yang sedang dipromosikan dengan mengetuk foto untuk melihat tag yang ada dalam gambar. Kemudian mengklik salah satu tag-nya untuk membuka profil.

Sekilas manfaat tag kolaborasi ini memang lebih dominan pada akun bisnis. Namun bagi akun pribadi fitur ini juga bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak pengikut. Like dan komentar juga menjadi satu. Sehingga pengguna satu sama lain lebih luas dalam berinteraksi.

Cara tag kolaborasi di Instagram

Cara mengaplikasikan fitur tag kolaborasi Instagram ini bukanlah sesuatu yang rumit. Pengguna hanya perlu beradaptasi agar lancar menggunakan beberapa fitur baru yang ada di Instagram.

  • Pilih salah satu gambar atau video yang ingin Anda unggah
  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik tanda “+” pada bagian atas beranda
  • Masukkan gambar atau video yang akan diunggah
  • Gulir ke kanan untuk memilih melakukan unggahan feed atau reels
  • Klik tanda panah biru pada bagian pojok kanan atas untuk mengedit
  • Klik tanda panah biru lagi untuk melanjutkan
  • Tulis caption pada kolom “tulis keterangan”
  • Klik “tandai orang” untuk berkolaborasi dengan akun lain
  • Klik “undang kolaborator”
  • Cari akun yang akan berkolaborasi dengan akun Anda
  • Klik “selesai”
  • Klik tanda centang biru pada pojok kanan atas untuk kembali pada halaman unggahan
  • Klik tanda centang biru lagi untuk mengunggah

Setelah pengguna melakukan unggahan tersebut, kolaborator yang diundang akan mendapatkan undangan melalui pesan Instagram mereka. Apabila mereka sudah menerima undangan Anda, barulah unggahan akan ditayangkan di Instagram.

Selama kolaborator belum menerima atau menyetujui unggahan tersebut, unggahan akan disembunyikan oleh Instagram sampai kolaborator Anda menyetujui.

Apabila pengguna ingin melibatkan lebih dari satu orang dalam unggahan feed maupun reels yang dibuat, Anda bisa menggunakan fitur tag biasa dalam unggahan tersebut.

Dengan memanfaatkan fitur kolaborasi Instagram ini, pengguna bisa berkolaborasi dengan teman, kolega, influencer, hingga selebgram untuk bekerjasama dalam memasarkan produk.

Ini bisa menjadi pemasaran yang cepat bagi pemilik bisnis karena pengguna memiliki lahan pemasaran yang baru.

Itulah sekilas mengenai fitur kolaborasi Instagram dan cara tag kolaborasi di Instagram. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!