Buah Pisang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Benarkah?

wartabeta.com – disarankan untuk memilah makanan yang rendah purin. Salah satu buah yang baik dikonsumsi adalah pisang .

Apa hubungannya antara dan asam urat ? Menurut sejumlah penelitian, buah manis dan legit satu ini mengandung sedikit purin.

Di samping itu, pisang juga mengandung sejumlah nutrisi yang dapat mengelola asam urat.

Manfaat pisang untuk penderita asam urat

Sebagian orang mengatakan bahwa pisang termasuk sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita . Benarkah demikian?

Asam urat merupakan limbah yang diproduksi tubuh ketika memecah atau mengelola .

Sementara itu, purin adalah zat yang diproduksi secara alami dalam tubuh dan dapat ditemukan pada sejumlah makanan yang kita konsumsi.

Pada umumnya asam urat ini dapat larut ke dalam darah sebelum disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin.

Akan tetapi, ketika tubuh mengalami gangguan atau tidak mampu mengelola berlebihan, lambat laun bisa membentuk kristal yang menyebabkan peradangan dan nyeri di area sendi.

Kondisi inilah yang menyebabkan serangan asam urat muncul atau disebut gout attack.

Lantas apa hubungannya antara asam urat dan buah pisang ?

Seperti dilansir dari laman Healthline, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengubah pola makan dapat membantu mengendalikan serangan asam urat dan mengurangi risikonya.

Termasuk ketika rutin mengonsumsi pisang yang merupakan makanan rendah purin dan kaya .

Sebuah penelitian pada tahun 2021 menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi pada pola makan sehari-hari dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit asam urat .

Pada penelitian sebelumnya dari Departemen Pertanian AS menyatakan bahwa satu buah pisang mengandung 14,1 mg vitamin C.

Kadar vitamin C tersebut dikatakan dapat memenuhi sekitar 16 persen dari kebutuhan harian seseorang.

Lebih dari itu, kandungan vitamin C juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

Meski demikian, tinjauan tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat pisang dan asam urat.

Pada beberapa pasien, penderita asam urat mungkin masih memerlukan mengonsumsi obat penurun asam urat yang diresepkan oleh dokter.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://wartabeta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wartabeta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *