Browser Google Chrome Versi 100 Miliki Logo Baru

wartabeta.com – NESABAMEDIA.COM – Browser Google Chrome versi 100 akhirnya hadir ke saluran Stabil beberapa hari yang lalu, dan ini membawa banyak sekali peningkatan mulai dari pengaturan cookie, penempatan jendela ganda, dan pembelian barang digital melalui aplikasi web yang ada di Play Store. Namun perubahan kecil namun tidak disebutkan dalam daftar rilisan adalah logo baru untuk Chrome.

Perubahan logo Chrome ini pertama kali diumumkan oleh pihak desainer Google di akun Twitternya @elvin_not_11 pada bulan Februari lalu. Perubahan pada desain logo baru itu sangat halus dan utamanya mencakup penghilangan bayangan dan kecerahan warna.

Ini adalah modifikasi desain pertama pada logo browser Chrome sejak tahun 2014 silam. Sejak tahun 2011, Chrome lebih condong pada perubahan desain logo yang lebih datar dan penghapusan bayangan pada logo kali ini lebih ditekankan pada aspek tersebut.

Elvin sang desainer mengatakan lebih lanjut mengenai logo yang telah diperbarui itu, dengan menyebut bahwa desainnya sebenarnya sedikit berbeda di setiap platform agar sesuai dengan tema dan bahasa desain sistem operasi yang digunakan.

“Kami menemukan bahwa menempatkan nuansa hijau dan merah tertentu di samping satu sama lain menciptakan getaran warna yang kurang ramah, jadi kami memperkenalkan gradien yang sangat halus ke ikon utama untuk menguranginya, sehingga membuat ikon lebih mudah diakses.

Kemudian, kami membuat penyesuaian khusus sistem operasi. Kami ingin agar ikon terasa seperti Chrome, tetapi juga dibuat dengan baik untuk setiap sistem operasi. Misalnya pada Windows, ikon terlihat jelas bergradasi, yang muncul di beranda pada Windows 10 dan 11.

Di Chrome OS, logo akan menggunakan warna yang lebih cerah tanpa gradien agar sesuai dengan tampilan ikon sistem lainnya. Untuk macOS, akan terlihat sebagai 3D.”

Logo baru Chrome ini akan muncul dan tersedia untuk semua pengguna setelah memperbarui browser itu ke versi teranyar 100. Namun ini tidak akan banyak mengubah perilaku anda dalam menggunakan browser tersebut, namun lebih untuk menyelaraskan prinsip desain saat ini yang dianut Google.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.