Browser Edge Kini Dukung Fitur Web Capture Untuk Dokumen PDF

wartabeta.com – NESABAMEDIA.COM – Sejak dirilisnya versi original Edge berbasis Chromium pada tahun 2020 lalu, Microsoft telah memperbarui browser default untuk Windows 11 ini dengan banyak fitur baru hampir setiap bulannya.

Browser Edge ini juga telah mendapatkan dukungan untuk editor PDF kaya fitur, generator kata sandi, tab vertikal, kontrol notifikasi yang lebih baik dan banyak lagi lainnya.

Pada awal tahun 2021 ini, Microsoft Edge menambahkan dukungan untuk sebuah fitur yang bernama Web Capture, yang akan memungkinkan anda untuk dengan mudah mengambil tangkapan layar dari seluruh halaman website secara penuh.

Microsoft kemudian mulai mengerjakan peningkatan versi untuk Web Capture, setelah banyak menerima masukan dari pengguna yang mengatakan bahwa fitur ini seharusnya diperbarui untuk bisa digunakan dengan dokumen PDF.

Daripada mengembangkan alat penangkap layar khusus untuk file PDF, Microsoft memutuskan untuk meningkatkan penerapan yang ada dari fitur Web Capture di browser Edge. Mulai dengan Edge Canary versi 99.0.1111.0, kini pengguna bisa mengambil tangkapan layar penuh dari dokumen PDF yang memiliki banyak sekali halaman.

Untuk bisa mencoba fitur Web Capture for PDF ini, anda pertama-tama harus mengunduh versi Canary dari Microsoft Edge, dan kemudian menunggu agar fitur ini secara otomatis muncul di perangkat anda.

Ketika anda telah memperbarui browser, buka sebuah dokumen PDF dan kunjungi menu browser dengan mengklik tombol tiga titik dan memilih Web Capture. Mirip dengan bagaimana Edge mengatasi tangkapan layar untuk halaman web, fitur ini juga akan membuka sebuah tool penyeleksi yang memungkinkan anda untuk menangkap konten dari dokumen PDF.

Tentu saja, anda juga bisa menggunakan pintasan Ctrl+Shift+S untuk membuka alat penyeleksi Web Capture dan mengambil gambar halaman PDF. Anda harus memilih area yang ingin anda tangkap gambarnya. Ketika anda selesai, menu lainnya akan muncul yang memungkinkan anda untuk menyalin tangkapan gambar tersebut atau menambahkan catatan tertentu.

Anda bisa memberikan gambar pada tangkapan layar menggunakan beragam jenis warna, di mana ini akan bekerja sangat baik dengan stylus, meski dengan mouse juga memungkinkan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur ini masih dalam tahap uji coba, dan kemungkinan baru akan dirilis ke pengguna publik pada bulan Januari atau Februari tahun depan.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.