Memasang alarm mobil merupakan sesuatu yang penting. Sebab, dengan pasang alarm mobil, kamu akan mendapat peringatan jika terjadi masalah pada mobil kamu. Nah, berapa ya kira-kira harga alarm mobil?

Alarm mobil sendiri memiliki berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada alarm yang sudah sekaligus dibekali dengan kunci mobil beserta teknologi GPS.

Berikut ini rincian harga alarm mobil, macam-macam fungsi dan juga jenis alarm mobil yang wajib kamu ketahui. 

Harga alarm mobil

Bagi kamu yang ingin mengupgrade alarm mobil, berikut rekomendasikan merk alarm mobil terbaik bagi mobil beserta harganya.

1. Alarm mobil merk Sale ISmart Smart Keyless Entry

Harga: Rp5.872.000

Sale ISmart merupakan alarm mobil dengan fitur keyless entry yang bisa memberikan perlindungan tanpa membutuhkan kunci. 

Alarm ini merupakan jenis universal yang bisa digunakan untuk mobil Toyota Avanza, Velox, Rush, Fortuner, Innova, Vios, Yaris, Wish, Camry, Harrier, Alphard dan Hilux.

2. Alarm mobil merk FORTECH FT666

Harga: Rp165.000

FORTECH FT666 merupakan alarm mobil yang memiliki harga bersahabat. Alarm jenis ini dibekali dua remot.

3. Alarm mobil merk FUJITO

Harga: Rp275.000

Alarm yang dibandrol dengan harga Rp 200 ribuan ini dibekali dengan 1 modul alarm, 2 pc remote, 1 unit sirine toa, 1 soket kabel, dan buku petunjuk pemakaian.

4. Alarm mobil merk Raiton

Harga: Rp275.000

Alarm Raiton bisa digunakan untuk semua jenis mobil. Oleh karena itu, alarm Raiton termasuk alarm yang digemari banyak pengguna.

5. Alarm mobil merk KSpeed KS558

Harga: Rp298.000

Alarm KSpeed KS558 hadir dengan desain kunci remote premium. Desainnya  bahkan mirip  remote alarm yang dipakai Toyota Avanza.

6. Alarm mobil merk Gigi Veloz

Harga: Rp4.658.000

Alarm Gigi Veloz merupakan merk premium. Alarm Gigi Veloz memiliki teknologi handle chrome sensor unlock serta keyless entry, dan LED. Alarm jenis ini dinilai memiliki tingkat proteksi yang tinggi sehingga sangat cocok melindungi mobil dari tindak kejahatan.

7. Alarm mobil merk Keylace

Harga: Rp900.000

Alarm satu ini merupakan alarm yang diperuntukkan untuk mobil Mobilio, Brio, Pajero, CRV, dan Jazz sehingga tidak akan berfungsi maksimal jika digunakan untuk mobil jenis lain.

8. Alarm mobil merk M-GUARD TYPE M1

Harga: Rp 775.000,-

M-GUARD TYPE M1 bisa digunakan untuk semua mobil. Alarm ini memiliki proteksi yang mumpuni karena sensornya dipasang di seluruh body mobil.

9. Alarm mobil merk Power Guard x Series

Harga: Rp 685.000

Power Guard x Series terkenal dengan suara remote alarm yang berbunyi ‘tuk tuk tuk’ ketika ada masalah keamanan. Alarm merk ini diklaim memiliki kemampuan proteksi yang bagus, meskipun harganya kurang dari satu juta rupiah.

10. Alarm mobil merk RAL-236

Harga: Rp 860.000

Selain memberikan proteksi maksimal, RAL-236 juga mengedepankan desain fisik. Ya, alarm merk ini memiliki desain yang modern dan unik.

Informasi soal harga alarm mobil di atas, didapatkan dari berbagai macam toko online di Indonesia. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jika harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Harga alarm mobil murah

Harga alarm mobil tidak melulu mahal, ada juga yang harganya murah. Meski begitu, bukan berarti kualitasnya tidak bagus. 

Berikut beberapa rekomendasi alarm mobil terbaik yang memiliki harga murah dikutip dari toko online bukalapak.com.

  • Alarm mobil Beltech BT555, Rp150.000
  • Alarm mobil Ekrion EK-333, Rp150.000
  • Alarm Mobil Hollywood HW375, Rp.155.000
  • Alarm mobil EKARION EK222, Rp155.000
  • Alarm mobil Fortech FT 6666, Rp165.000
  • Alarm mobil Universal HLD Premium Class, Rp165.000
  • Alarm mobil JB Tech JT 889, Rp170.000
  • Alarm TUK TUK merk Silicon serie SP-770, Rp175.000
  • Alarm mobil Silicon bunyi Tuk Tuk, Rp 180.000
  • Alarm mobil RWB Series R- 855, Rp265.000
  • Alarm Mobil RWB Premium Type R-900H, Rp299.000
  • Alarm mobil Raiton, Rp350.000

Membeli alarm mobil sebaiknya disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Dengan begitu, kamu pun tidak akan merasa terbebani.

Harga pasang alarm mobil

Penasaran dengan harga jasa pasang alarm mobil? Biasanya setiap toko atau bengkel memiliki tarif pasang alarm mobil yang bervariasi.

Tidak ada angka pasti mengenai ongkos pemasangan alarm mobil. Namun jika boleh memberikan referensi, biasanya mekanik akan meminta ongkos pemasangan di kisaran Rp350.000 sampai Rp500.000.

Jika dirasa mahal, kamu bisa memasangnya sendiri di rumah. Namun perlu diingat, melakukan pemasangan alarm pada mobil tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus memahami diagram pemasangan dan penyambungan kabel dengan teknik yang benar, agar tidak terjadi korsleting.

Agar lebih praktis, tak ada salahnya kamu membawa ke bengkel alarm mobil terdelat atau tempat pasang alarm mobil terdekat dari rumahmu.

Fungsi alarm mobil

Memasang alarm mobil tentunya penting. Selain untuk keamanan, berikut ini fungsi alarm mobil yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Memberikan peringatan

Salah satu fungsi alarm mobil adalah untuk memberikan peringatan ketika mobil yang kamu kendarai hampir menabrak suatu objek. Alarm yang berbunyi keras menemukan bahwa telah terjadi sesuatu hal pada mobil kamu.

2. Membantu menemukan letak mobil

Alarm mobil juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menemukan lokasi mobil kamu.  Bukan hanya itu saja, pada era digital seperti sekarang ini, terdapat beberapa jenis alarm yang dapat terkoneksi langsung dengan smartphone kamu dan dapat mengirimkan sinyal yang bisa melacak dan menentukan keberadaan mobil kamu.

3. Menjadi sistem keamanan

Alarm akan menjadi sebuah peringatan yang menemukan bahwa mobil kamu sedang dirusak atau dicuri, karena terdapat sensor sentuhan dan sensor peringatan pada alarm mobil. 

Jadi ketika pintu mobil dibuka dengan paksa, otomatis alarm akan langsung berbunyi dan menemukan bahwa mobil berada dalam ancaman.

Jenis-jenis alarm mobil

Alarm mobil terbagi menjadi dua jenis. Pertama alarm khusus, artinya alarm yang secara spesifik dibuat untuk satu merek mobil seperti Toyota dan Honda.

Kedua alarm universal, artinya alarm bisa diaplikasikan ke semua merek mobil. kamu juga perlu mengenal jenis alarm berdasarkan fungsinya.

1. Auto lock/unlock

Alarm jenis ini akan bekerja sesuai dengan sensor mesin mobil. Saat berada di dalam mobil, pintu akan mengunci secara otomatis setelah mesin dihidupkan. Pintu juga akan terbuka kembali ketika mesin telah dimatikan.

2. Remote controlled sensor bypass

Alarm ini adalah hasil pengembangan dari jenis Auto Lock/Unlock. Jenis ini memungkinkan kamu untuk bisa mengatur sendiri kapan pintu mobil harus dikunci atau dibuka dengan remote.

3. Anti scan/anti grab prevention/anti code grabbin

Alarm ini akan menjaga keamanan kendaraan kamu dari kejadian pencurian dengan cara pembajakan nomor atau kode frekuensi. Selain itu, juga menghindari dari proses perusakan sistem keamanan mobil oleh pencuri.

4. Two stage shock sensor/dual zone shock sensor

Ini adalah jenis alarm yang responsif terhadap guncangan. Alarm akan bunyi jika ada guncangan pertama. Apabila guncangan pertama diabaikan dan guncangan atau gesekan terus terjadi, alarm akan berbunyi lebih nyaring lagi.

5. Automatic disable sensor/starter disable output

Alarm ini adalah langkah terakhir pada mobil untuk menjaga keamanan. Ketika pencuri nekat menyalakan mesin mobil dengan paksa atau tanpa menggunakan kunci yang sesuai dengan jenis atau tipe mobil tersebut, sensor relay auto starter akan memutus aliran listrik pada pengapian mobil sehingga mobil tidak bisa dibawa lari

6. LED system status indicator

Alarm ini akan memberikan laporan kepada pengemudi dalam bentuk kode yang berkedip. Kode bisa berkedip sebanyak satu kali, dua kali, dan seterusnya. Setiap kedip akan mengartikan tingkatan gangguan yang dialami oleh mobil.

7. GPS car alarm

Alarm adalah jenis alarm yang terakhir yang dapat dibilang sangat mutakhir alias canggih. Alarm ini tidak akan berbunyi ketika seorang pencuri membobol mobil. 

Ketika mobil dibawa kabur, kamu bisa melacak lokasi keberadaan mobil dengan menggunakan GPS Car Alarm yang terpasang pada mobil.

Dari ketujuh jenis kinerja alarm tersebut tentunya memiliki kelebihannya masing-masing sesuai fungsi yang digunakan. 

Mengkombinasikan beberapa alarm dapat menjaga agar mobil kamu tetap aman karena tidak mudah dibobol.

Komponen alarm pada mobil dan cara kerjanya

Secara umum, alarm terbagi menjadi tiga  komponen utama yang terdiri dari sensor, control unit, dan sirine. Ketiganya punya fungsi berbeda-beda. 

Sensor

Sensor biasanya dipasang di bagian pintu dengan bentuk switch yang akan mengirimkan sinyal ke control unit. Sensor akan mengirimkan sinyal ketika terjadi getaran. 

Ada juga mikrofon yang fungsinya sebagai sensor suara untuk menemukan tindakan pencurian dan sensor tekanan jika mobil dibuka paksa.

Control unit

Pernah melihat ada sebuah lampu yang berkedip di bagian dasbor mobil? Nah, itu adalah control unit dari alarm mobil.

Control unit inilah yang nantinya akan mengaktifkan sirine ketika terjadinya getaran atau benturan keras di luar aktivitas pemilik mobil. Biasanya control unit ini memanfaatkan sinyal transmitter dari gelombang radio.

Sirine

Ketika control unit mengirimkan sinyal adanya aktivitas mencurigakan, maka komponen ini akan membuat sirine berbunyi. 

Suara ini berfungsi memberitahukan pemilik mobil jika terjadi aktivitas mencurigakan.

Pentingnya asuransi mobil

Perawatan mobil bukan sesuatu yang main-main. Pemilik harus senantiasa mengecek keadaan mesin, membersihkan body dan interior, serta memastikan keamanan komponen.

Namun, ada kalanya pemilik tidak bisa menghindari risiko yang bisa menimpa mobil, misalnya tergores, tertabrak, hingga kecelakaan parah. Bayangkan kalau tergores sedikit saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk cat ulang mobil bisa ratusan ribu untuk satu panel. Tidak murah, kan?

Nah, supaya tetap aman dan tenang, jangan lupa asuransikan kendaraan dengan pilihan asuransi mobil terbaik

Untuk mengetahui berapa premi asuransi mobil yang harus kamu bayarkan tiap bulannya, kamu bisa nih memanfaatkan kalkulator premi asuransi mobil di Lifepal berikut ini. Premi asuransi akan dihitung berdasarkan jenis asuransinya (all risk dan TLO), dan wilayah serta harga mobil.

Untuk beberapa kasus, jaminan perluasan juga dapat mempengaruhi harga premi asuransi mobil.

FAQ Seputar harga alarm mobil

Pemilik tidak bisa menghindari risiko yang bisa menimpa mobil, misalnya tergores, tertabrak, hingga kecelakaan parah. Bayangkan kalau tergores sedikit saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk cat ulang mobil bisa ratusan ribu untuk satu panel. Tidak murah, kan?

Nah, supaya tetap aman dan tenang, jangan lupa asuransikan kendaraan dengan pilihan asuransi mobil terbaik

Untuk mengetahui berapa premi asuransi mobil yang harus kamu bayarkan tiap bulannya, kamu bisa nih memanfaatkan kalkulator ini dari Lifepal.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.