Biaya Penggantian Timing Belt Toyota Innova Diesel

wartabeta.com – Timing belt menjadi komponen khusus yang ada pada Toyota Innova diesel . Berbeda dengan mobil lain, mesin Innova diesel tidak menggunakan timing chain atau rantai untuk menghubungkan poros cam dan poros engkol.

Mobil Innova diesel justru dilengkapi dengan timing belt berupa sabuk yang terbuat dari material karet. Tujuannya tentu agar mengurangi bunyi kasar yang ada pada mesin, sehingga bunyi mesin yang dihasilkan menjadi lebih halus.

Namun, konsekuensinya pemilik Innova diesel harus mengganti timing belt secara berkala, sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan. Lantas, berapa biaya penggantian timing belt pada Innova diesel?

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan biaya penggantian timing belt Innova diesel berbeda-beda, tergantung dengan tahun produksi mobil yang bersangkutan.

“Biaya penggantian timing belt menyesuaikan dengan tahun produksi mobilnya, karena setiap generasi Innova memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam pemasangannya,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Dia mengatakan jika dikira-kira, biaya jasa pemasangan dan timing beltnya sendiri relatif murah bila dilihat dari periodikal penggantiannya.

“Timing belt pada Innova diesel kan diganti setiap mobil menempuh jarak 100.000 Km, jadi dengan biaya pemasangan sekitar Rp 700.000 an dan komponennya Rp 1 jutaan, itu bisa dinilai sendiri murah atau mahal,” ucap Nyoman.

Jadi, ada biaya khusus untuk mengganti timing belt pada perawatan Innova diesel.